Eka Putra ; Bidan Profesi Mulia Sebagai Ujung Tombak Kesehatan Masyarakat

TANAH DATAR, KABARDAERAH.COM – Sebagai ujung tombak dibidang kesehatan masyarakat, profesi bidan adalah profesi yang sangat mulia yang memiliki posisi penting dalam kehidupan masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra saat menghadiri pertemuan tenaga Kesehatan Pustu dan Puskesri se Tanah Datar, Kamis (27/01) di Aula Kantor Bupati Tanah Datar.

”Pejuang kesehatan ini, sebagai ujung tombak di Puskesmas, Pustu dan Puskes tempat dimana mereka bertugas melayani masyarakat dengan penuh pengabdian dan dedikasi yang tinggi, sekalipun ia berada di tempat jauh dari keluarga, mereka mempunyai tugas yang sangat mulia,” ungkap Eka Putra.

Dikatakannya, mereka ditempatkan di daerah-daerah terpencil itu sudah merupakan konsekwensi sebagai tenaga medis, yang membuat mereka lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang diembannya.

“Bertugaslah dengan baik ditempat yang sudah ditentukan, nikmatilah dan jalin hubungan baik dengan semua pihak sehingga kita bertugas juga aman, nyaman dan disukai masyarakat dimana kita bertugas,” pesan Eka Putra.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar Yesrita Zedrianis menerangkan, jika di Kabupaten Tanah Datar saat ini terdapat 23buah puskesmas, 67 Puskesmas Pembantu (Pustu) dan 119 Puskesri.

Tambahnya, dari 23 Pekesmas itu 8 (delapan) pukesmas memiliki ruang rawat inap, 15 puskesmas non rawat inap dan untuk Pustu, dari 67 Pustu ada 4 (empat) pustu yang hingga saat ini masih kosong atau masih belum ada terisi oleh tenaga kesehatan, sedangkan polindes masih kosong sebanyak 20 lagi.

“Untuk Nakes di pustu dan polindes rata-rata bidan dan itu juga perempuan. Pada saat pandemi covid-19 peran nakes di pustu dan polindes ini sangat penting pada saat penanganan covid-19, maupun pada saat pemberian vaksinasi covid-19,” sebut Yesrita.

Ia menjelaskan, jika keberadaan nakes di pustu dan polindes sebagai ujung tombak tenaga kesehatan bagi masyarakat sangat diperlukan, dari itu kami mohon kepada Bupati bahwa nakes ini dapat diberdayakan dan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya demi tercapainya, pelayanan kesehatan yang lebih baik dan meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat Tanah Datar. (al/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *