Pemko Sawahlunto Bantu Sarana, Untuk Meningkatkan Usaha Pelaku UMKM.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Sesuai dengan komitmennya, dalam rangka membantu untuk meningkatkan usaha pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pemko Sawahlunto melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) pada Senin (10/1) menyerahkan bantuan sarana usaha.

Bantuan sarana tersebut diperuntukan kepada masyarakat Sawahlunto, sebagai pelaku usaha dan UMKM dalam upaya mendorong guna untuk meningkatkan produktifitas usahanya.

Kepala Dinas Disperindagkop, Kota Sawahlunto, Mukhsis mengatakan bahwa bantuan tersebut diserahkan kepada 28 orang pelaku UMKM, tiga (3) Karang Taruna dan satu (1) komunitas kampung marketer dan kampung desain.

“Bantuan sarana usaha yang diberikan ini, terdiri dari gerobak ditambah payung set untuk delapan UMKM, gerobak untuk 14 UMKM, payung set untuk enam UMKM. Sementara komputer dan printer serta peralatan sablon diperuntukan untuk Karang Taruna. Berikutnya, alat tenun, komputer, alat service handphone dan mesin pencacah plastik untuk Karang Taruna Kelurahan Pasar. Dan komputer, kamera digital berikut printer untuk Karang Taruna, Kubang Sirakuk Utara serta paket komputer, laptop dan iPad desain untuk kampung marketer di Desa Sikalang,” ujar Kadis Mukhsis dalam rinciannya.

Ditambahkannya, “sumber bantuan ini berasal dari anggaran Disperindagkop dan ditambah melalui dana pokok pikiran (pokir) dari anggota DPRD Sawahlunto, Neldaswenti, Lazwardi dan Ronal Kardinal,” ujar Mukhsis.

Sementara itu, Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH yang didampingi oleh Wawako, Zohirin Sayuti SE dan Sekdako Sawahlunto, Dr dr Ambun Kadri MKM saat menghadiri langsung penyerahan bantuan tersebut, di pelataran Disperindagkop menyampaikan bahwa, Pemko Sawahlunto tetap berkomitmen dalam mendorong ekonomi produktif masyarakat atau UMKM.

“Bagi yang menerima bantuan, tolong dirawat dan dijaga dengan baik agar manfaatnya bisa digunakan untuk jangka waktu lama,” ujar Wako Deri Asta dalam pesannya kepada penerima mamfaat.

Wako Sawahlunto juga meminta kepada Disperindagkop beserta jajarannya agar turun ke lapangan, mendampingi para penerima bantuan untuk melakukan evaluasi secara berkala.

“Jajaran Disperindagkop, dapat memonitor bagaimana bantuan ini digunakan penerima, apakah lancar dan dirawat atau apakah ada kendala dan sebagainya. Karena, kita ingin bantuan ini memang benar-benar bermamfaat dan dapat digunakan untuk jangka waktu lama sehinga dirasakan kegunaannya,” ungkap Wako Sawahlunto Deri Asta SH.

Sementara itu, Neldaswenti, anggota DPRD Kota Sawahlunto yang ikut memberikan bantuan melalui pokir, sangat mengapresiasi program seperti ini dan berharap, melalui hal ini dapat berkontribusi untuk mendorong UMKM sekaligus, dapat mengurangi angka pengangguran.

Sementara itu, ungkapan terima kasih disampaikan, Lambang Wicaksono dari Kampung Marketer Desa Sikalang, salah seorang masyarakat penerima bantuan.

“Fasilitas yang dibantu ini sangat berarti bagi kami dalam meningkatkan produktifitas dan efektifitas kerja. Terimakasih kepada Pemko dan DPRD Sawahlunto,” ujar Lambang dengan penuh semangat. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *