Untuk Pengembangan Industri Tenun, Wako Sawahlunto Mengunjungi Balai Besar Tekstil.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto, saat ini tengah mempercepat pengembangan industri tenun melalui usulan pembangunan sentra tenun serta revitalisasi mesin dan peralatan UPTD Tekstil dan produk tekstil.

Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH menyatakan bahwa kunjungannya bersama Kadis Perindagkop Sawahlunto, Mukhsis ke Balai Besar Tekstil (BBT) di Bandung guna untuk membahas sinergi Pemko Sawahlunto dengan BBT.

Kepada awak media Wako Deri Asta mengatakan, “dalam pertemuan dengan Kepala Balai Besar Tekstil, Cahyadi pada Kamis kemaren ( 27/1) disambut dengan antusias bahkan BBT bersedia untuk meninjau kebutuhan program pengembangan, serta sekaligus mengevaluasi kondisi terkini industri pertenunan di Kota Sawahlunto,” ujar Wako Deri Asta.

Wako Deri Asta bahkan menyebutkan bahwa untuk teknis dari bentuk sinergi Pemko Sawahlunto dengan Balai Besar Tekstil akan dirinci dalam perjanjian kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU).

“Dalam kesempatan ini, Wako Deri Asta juga menawarkan revitalisasi UPTD tekstil yang ada di Kota Sawahlunto, untuk dijadikan Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang mampu melayani kebutuhan industri tekstil di Sumatera Barat,” ungkap Wako Deri Asta menguraikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Sawahlunto, Mukhsis yang mendampingi Wako dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa, pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari hasil diskusi dengan Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI, pada akhir tahun lalu, di Jakarta.

“Kami optimis, atas kesiapan Sawahlunto menjadi pusat pelayanan tenun di Sumbar, utamanya yang berhubungan dengan peningkatan kualitas dan standarisasi pewarnaan tekstil,” pungkas Mukhsis mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *