Wujudkan Akuntabilitas, PKS Bukittinggi Serahkan Laporan Dana Banpol

Bukittinggi, Kabar daerah – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bukittinggi, Jumat (28/1/22),

menyerahkan laporan penggunaan dana banpol tahun 2021 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatra Barat, di Padang.

Penyerahan laporan penggunaan dana banpol oleh Sekretaris DPD PKS, M. Syafaat Putrasyah, kepada salah seorang staf BPK RI, Afdal,l tersebut, sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam penggunaan
dana bantuan parpol.

“Penyerahan laporan ini adalah wujud dari akuntabilitas PKS Bukittinggi, atas penggunaan dana banpol dari pemerintah,
Karena kita menggunakan uang negara, maka sudah menjadi kewajiban kita melaporkan seluruh penggunaan dana yang kita dapatkan,” kata M. Syafaat.

Menurut Syafaat, PKS selalu berupaya menggunakan dana banpol seefektif mungkin, agar bermanfaat untuk manajemen partai dan untuk masyarakat secara umumnya.

“Dari ketentuan yang ada terkait penggunaan dana banpol, Alhamdulillah kita bisa maksimalkan untuk operasional sekretariat sebesar 40 persen, dan pendidikan politik sebesar 60 persen,”ujarnya.

Untuk pendidikan politik sendiri, katanya, agenda PKS Bukittinggi, sangat banyak dan tidak seluruhnya terakomodir oleh dana banpol.

Sebagai partai kader, PKS banyak sekali mengadakan acara yang berguna untuk peningkatan kapasitas kader dan wawasan politik masyarakat serta kegiatan lainnya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Sehingga tidak tertutupi dari dana banpol.

“Makanya, kita harus mencari jalan lain untuk menutupi kekurangannya, seperti dari urunan kader atau simpatisan,”sebut Syafaat.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kota Bukittinggi, Ibnu Asis, mengaku senang dan bersyukur. Karena sepengetahuannya, PKS selalu berupaya disiplin, sigap dan tepat waktu mengantarkan laporan banpol ke BPK.

Karena batas akhir pelaporan banpol menurut peraturan perundangan-undangan terkait adalah tanggal 31 Januari tahun berjalan.

Semoga hal ini sebagai pertanda bahwa PKS telah benar-benar siap menjadi partai yang profesional, modern dan berkarakter yang didambakan masyarakat,” harap Ibnu. (rul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *