Pembangunan Rampung, Pemakaian Pasar Nagari Sumanik Diresmikan Bupati Eka Putra

TANAH DATAR, KABARDAERAH.COM —  Setelah melalui tahap pembangunan pada akhir tahun 2021 lalu, akhirnya pemakaian Pasar Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung, diresmikan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Selasa (15/02/22).

Pasar yang dibangun dengan menelan dana sebesar Rp 3,4 Milyar akan menampung sekitar 250 orang pedagang.

“Berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah untuk menjadikan pasar nagari lebih aman dan nyaman, salah satunya melalui Bantuan Pemerintah Pusat seperti untuk pembangunan pasar nagari Sumanik ini,” kata Eka Putra.

Untuk itu, kata bupati tugas kita bersama untuk merubah image atau citra pasar nagari yang selama ini identik dengan ketidaknyamanan, bau, becek dan kotor menjadi pasar nagari yang bersih, aman, nyaman dan representatif.

Dikatakan Eka Putra, alokasi anggaran yang diberikan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) terserap dengan baik sesuai ketentuan yang ditetapkan.

Tambah bupati, keberadaan pasar nagari Sumanik ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Sumanik. Dan perubahan fisik pasar ini jangan sampai menciptakan konflik.

“Pasar nagari ini terus dirawat, dijaga dan jangan sampai menciptakan perselisihan antar sesama nantinya, seperti tentang pembagian kios atau los, namun tekankan jika pasar ini untuk kesejahteraan kita semua,” tukas Eka.

Sementara Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Darfizal menyampaikan, pembangunan pasar nagari atau rakyat Sumanik didanai melalui Dana Tugas Pembantuan Anggaran Pendapatan dan Negara Tahun 2021 sebesar Rp 3,4 Milyar.

“Fasilitas pasar nagari ini memiliki 19 kios, 13 los dengan kapasitas pedagang sekitar 250 orang dan memiliki ruang tera ulang, pos keamanan, ruang pengurusan pasar, ruang kesehatan, mushalla, toilet dan beberapa fasilitas lainnya,” terang Darfizal.

Dengan adanya revitalisasi ini, tambah Darfizal, untuk ke depan kita berharap pasar nagari Sumanik menjadi pasar percontohan di Tanah Datar. Karena konsep fisik pasar ini telah memperoleh sertifikat SNI dari Kemendag RI.

Sebelumnya Wali Nagari Sumanik Irama Yandi menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan revitalisasi pasar nagari Sumanik sehingga menjadi lebih nyaman dan bersih.

“Terima kasih atas revitalisasi pasar yang dilaksanakan disini, berawal dari proposal kami 2020 lalu, dan berkat dukungan dan perjuangan dinas Koperindag serta pak Bupati, program ini bisa terealisasi,” katanya.

“Sesuai slogan pasar ini, yakni Nyaman, Segar dan Terpercaya, Saya harap ke depan bisa termanfaatkan secara maksimal, terutama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nagari Sumanik,” tukasnya.

Kegiatan yang turut dihadiri anggota DPRD Nurhamdi Zahari, Forkopimda Tanah Datar, Asisten II, OPD di Lingkup Pemkab Tanah Datar, Camat Salimpaung, Forkopimca, Wali Nagari dan undangan lainnya. (Al/Humas)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *