BPP Kecamatan IV Nagari Ikuti Temu Teknis

SIJUNJUNG,KABARDAERAH.COM- Personil BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Pertanian Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung mengikuti temu teknis di ruang pertemuan BPP setempat pada Rabu (23/3).

Temu teknis yang dilaksanakan di BPP Kecamatan IV Nagari ini merupakan agenda rutin daripada sistem kerja LAKUSUSI (Latihan Kunjungan dan Supervisi) yang wajib dilaksanakan sebagaimana dimaksud dalam Permentan Nomor 67 tahun 2016 tentang Pembinaan Kelembagaan Petani.

“Terimakasih kepada Bapak dan Ibu yang telah mengikuti agenda hari ini yang diawali dengan gotong royong pembersihan rumah bibit serta menjaga kebersihan lingkungan, kemudian kita lanjutkan dengan temu teknis” demikian Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari, Adpi Gunawan, mengawali sambutan dihadapan 16 orang peserta temu teknis yang terdiri dari PP. Programa, PP. Supervisi, PP. Wilbin, staff administrasi, staff Demplot, staff klimatologi, staff kebersihan dan tenaga sukarela.

Adapun materi yang disampaikan oleh Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari pada temu teknis ini antara lain tentang Peraturan Presiden Nomor 35 tahun 2022 tentang Penguatan Fungsi Penyuluhan Pertanian yang baru saja diundangkan.

“Kepada Bapak dan Ibu penyuluh di tingkat WKPP (Wilayah Kerja Penyuluhan Pertanian) agar mensosialisasikan kepada wali nagari, bahwa untuk penetapan Posluhdes (Pos Penyuluhan Desa) sudah ada landasan hukumnya” demikian Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari menyampaikan materi.

“Kedepan diharapkan Posluhdes sudah bisa ditetapkan oleh wali nagari yang diketuai oleh penyuluh swadaya dan diberdayakan serta dibiayai yang bersumber dari dana desa sebagaimana halnya Poskesri” demikian Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari melanjutkan.

Pada temu teknis ini juga dibahas megenai rencana penyusunan programa penyuluhan pertanian kecamatan 2023 yang akan dilakukan, Selasa (29/03), informasi penyerapan jagung petani oleh BULOG, dan percepatan desiminasi AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi) yang harus disampaikan kepada seluruh kelompoktani di Kecamatan IV Nagari, serta terakhir pembahasan Demplot ternak kambing sebanyak 7 ekor. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *