Dana Hibah KONI Tahun 2013 Tanah Datar, Dilaporkan Ke Kejati Sumbar

TANAH DATAR, KABARDAERAH.COM — Terus menuai polemik di tubuh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tanah Datar, tentang dana hibah yang belum diselesaikan sejak tahun 2013 lalu sebesar Rp 187.719.500,-.

Hal ini juga telah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Wilayah Sumatera Barat pada tahun tersebut, namun menurut surat pengaduan masyarakat per tanggal 17 Maret 2022 yang diterima media ini pada, Jumat (15/04/2022) jika dana tersebut belum dikembalikan.

Dalam surat tersebut, laporan pengaduan langsung dikirim ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat dengan melampirkan beberapa dokumen, termasuk Laporan Hasil Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (LHPTLRHP) pada pemkab Tanah Datar tertanggal 12 Agustus 2021 dengan nomor 41/TLHP/XVIII.PDG/08/2021.

Dalam surat setebal 7 halaman tersebut, laporan dana hibah KONI Tanah Datar periode 2009-2013 itu juga menyebutkan jika dari dana sebesar Rp 1.993.500.000 milyar belum dikembalikan sebesar Rp 187.719.500,- ke kas negara.

Menurut Kepala Inspektorat Tanah Datar, Desi Rima, pada Kamis (10/03/2022) lalu saat dikonfirmasikan media ini, mengatakan jika pengembalian itu statusnya masih dalam proses.

“Saya akan cek lagi, karena statusnya masih dalam proses,” ucap Desi Rima.

Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negari Batusangkar, Rifki Riza kepada media ini, Jumat (15/04/2022) membenarkan jika ada surat pengaduan masyarakat masuk ke pihaknya sebagai tembusan.

Karena menurutnya, surat pengaduan itu langsung dikirimkan ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat.

“Kita menunggu koordinasi dari Kejati Sumbar, dan untuk prosesnya kami juga menunggu perintah dari Kejati,” ungkap Rifki Riza.

Pada intinya, kata Rifki pihak kejaksaan berusaha melakukan tindakan – tindakan yang sesuai dengan kewenangan yang dimilikinya.

“Untuk lebih pasti, lebih baik konfirmasi langsung ke pihak Kejatinya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Tanah Datar Doni Eka Putra saat dikonfirmasi tentang hal ini, masih belum menjawab konfirmasi media, baik melalui sambungan celluler maupun whatsapp pribadi. (Bdoy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *