Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Sawahlunto, Mendapat Kunjungan dari Kementerian LH.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Pengelolaan sampah di Kota Sawahlunto dinilai sudah cukup baik, dilihat dari banyaknya Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang disediakan oleh Pemerintah Kota Sawahlunto sampai ke Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) yang sudah sesuai dengan standar. Hal ini tentu saja merupakan salah indicator dari baiknya pengelolaan sampah di Kota Sawahlunto.

Demikian disampaikan oleh Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto, Zohirin Sayuti SE kepada awak media, sesaat setelah mendampingi Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Dirjen Pengelolaan Sampah, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Ari Sugasri di TPA Kayu Gadang, Kota Sawahlunto,

Ikut mendampingi dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Sawahlunto, Dr dr Ambun Kadri MKM serta Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto, Adrius Putra.

Sementara itu, Ari Sugasri menegaskan bahwa dalam pengelolaan sampah perkotaan, Pemerintah Kabupaten/Kota perlu berpijak dari pendekatan kebersihan dan keindahan kota, menjadi pengelolaan sampah perkotaan yang terintegrasi, mulai dari sumber sampah hingga ke TPA. Sehingga dibutuhkan keseriusan dari pemerintah kota/kabupaten di Indonesia untuk melakukan pengolahan yang baik.

Lebih lanjut Ari Sugasri menyatakan, “sampah jika tidak dikelola secara baik dan benar maka akan menimbulkan masalah serius. Mengingat banyaknya sampah yang dihasilkan setiap harinya oleh masyarakat perkotaan. Untuk itu, diperlukan keseriusan pemerintah kota dalam mengelola sampah yang ada,” ujar Ari menjelaskan.

Kita ketahui, bagi Sawahlunto kendala yang sering dihadapi oleh Pemko Sawahlunto hingga saat ini, ambruknya jalan utama ke bak pengelolahan sampah di TPA Kayu Gadang akibat longsor. Hal ini, harus secepatnya dicarikan solusi atau jalan keluarnya, dengan mengirimkan bukti fisik berupa foto kepada KLHK sehingga untuk dapat segera ditindak lanjuti.

Wawako Sawahlunto Zohirin Sayuti dan jajarannya, saat mendampingi rombongan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia tersebut juga mengingatkan bahwa, luas TPA yang ada dikawasan Kayu Gadang ini, dinilai sudah cukup untuk menampung berbagai sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Kota Sawahlunto pada setiap harinya, guna untuk diproses secara maksimal, di TPA Kayu Gadang Kec Barangin, Kota Sawahlunto.

Dalam kesempatan ini, Wawako Zohirin Sayuti juga menambahkan bahwa, “dengan hadirnya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI ke Sawahlunto, merupakan ibarat pasokan energy baru. Sehingga hal ini, dapat memotivasi kita semua agar menyempurnakan yang sudah ada serta mendapatkan solusi pada setiap permasalahan yang terjadi. Sehingga pengelolahan sampah di kota Heritage ini, hendaknya dapat lebih dikelola secara baik dan benar serta profesional,” pungkas Wawako Sawahlunto mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *