Rencana Realisasi Taman Kehati, di Kota Sawahlunto, Sumbar.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto, Zohirin Sayuti mengatakan, “Taman Kehati sejatinya upaya dari pemerintah pusat untuk Indonesia sebagai pioner penjaga bumi yang diujudkan dalam bentuk taman keanekaragaman hayati yang pada intinya sebagai kawasan pencadangan sumber daya hayati lokal,” ungkap Zohirin.

Hal tersebut disampaikan Wawako  Sawahlunto, Zohirin Sayuti SE pada saat pertemuan dengan pihak perwakilan dari Kehati Jakarta yang didampingi oleh Kepala Dinas LH Provinsi Sumbar dan diikuti oleh OPD terkait di Sawahlunto, guna untuk membahas tentang persamaan konsep Launching Taman Kehati, Selasa (16/5) di ruang rapat Balaikota Sawahlunto.

Sebagaimana yang sudah direncanakan pada tahun 2021 lalu, Dinas Perumahan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Kota Sawahlunto, melakukan langkah inovasi melalui kementerian terkait guna untuk menindak-lanjuti pembangunan Taman Kehati (Keanekaragaman Hayati) di Kota Sawahlunto.

Kita ketahui, Yayasan Kehati merupakan lembaga nirlaba yang mengemban tugas dan amanat untuk menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana hibah bagi pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia, secara berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Yayasan yang ditujukan bagi keselamatan dan pemamfaatan lingkungan ini, didirikan oleh Emil Salim (mantan menteri LH).

Untuk itu, diperlukan keterlibatan kelompok masyarakat pencinta lingkungan, dalam pengelolaannya. Hal ini, bertujuan agar dengan ikut sertanya mereka dalam memelihara taman yang dibuat dan didampingi langsung oleh para akademisi dari perguruan tinggi, tentunya akan melahirkan sebuah energi. Hal ini, tentu sungguh sangat bermamfaat bagi kita semua (Sawahlunto).

Wawako Sawahlunto juga menyebutkan bahwa, dengan dipercayanya Kota Sawahlunto oleh Kementrian Lingkungan Hidup RI untuk pengembangan Taman Kehati, maka kita tentunya akan berusaha untuk mewujudkan hal tersebut sesegera mungkin. Sawahlunto mimiliki potensi, untuk mengembangkan sektor pariwisata baru di kota Heritage yang akan menimbulkan sentra ekonomi baru, di kota wisata tambang berbudaya Unesco Sawahlunto.

Wawako Sawahlunto, Zohirin Sayuti yang juga didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dr dr Ambun Kadri MKM memastikan pembangunan Taman Kehati ini akan berjalan baik dan lancar. Apa lagi Sawahlunto sangat dikenal dengan  budaya multi etnis yang mengedepankan kepentingan bersama dengan melibatkan pemangku adat dan budaya di Kota Sawahlunto. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *