Banjir dan Solusi Bersama Menangulangi

Ditulis Oleh  :  Labai Korok Piaman

 

Sumatera Barat memiliki curah hujan yang tinggi, terkadang dibeberapa daerah seperti Kota Padang mengalami banjir atau orang bijak mengatakan terjadi genangan air dibeberapa tempat yang kemudian surut lagi.

Fenomena banjir ini secara tanggungjawab harus diselesaikan oleh Pemerintah bersama dengan masyarakat setempat. Jika tidak ditanggulangi, maka kondisi dampak dari banjir akan terjadi dan membahayakan.

Sekarang pertanyaannya, apakah kita hanya bisa diam diri saja tanpa melakukan tindakan sedikit-pun dan membiarkan kondisi menjadi tidak sehat dan buruk.

Tentu tidak, karena itu kita harus bekerja sama dengan pemerintah yang telah bekerja keras selama ini untuk menanggulangi bencana banjir, sehingga kita harus mendukungnya untuk penanggulangan bencana banjir.

Berikut ini ada beberapa cara untuk penanggulangan bencana banjir agar Masyarakat bahagia selalu maka fungsi sungai perlu ditata kembali secara baik.

Membuat fungsi sungai dan selokan dapat bekerja dengan baik. Sungai dan selokan adalah tempat aliran air sehingga jangan sampai tercemari dengan sampah atau menjadi tempat pembuangan sampah yang akhirnya menyebabkan sungai dan selokan menjadi tersumbat.

Melakukan reboisasi tanaman khususnya jenis tanaman dan pepohonan yang dapat menyerap air dengan cepat. Memperbanyak dan menyediakan lahan terbuka untuk membuar lahan hijau untuk penyerapan air.

Berhenti membangun perumahan ditepi sungai, bangun perumahan kawasan hijau karena akan mempersempit sungai dan sampah rumah juga masuk sungai. Berhenti membangun gedung-gedung tinggi dan besar, karena akan menyebabkan bumi ini akan semakin sulit menahan bebannya dan membuat permukaan tanah turun.

Hindarilah penebangan pohon-pohon di hutan secara liar dan juga dibantaran sungai, karena pohon berperan penting untuk pencegahan banjir secara alami, seperti kawasan Padang jaga hutan perbatasan Solok dengan Padang.

Sebenarnya, menebang pohon tidak dilarang bila kita akan menanam kembali pohon tersebut dan tidak membiarkan hutan menjadi gundul.

Setelah itu jaga kebersihan lingkungan seperti jangan membuang sampah sembarangan. Saat sampah dikelola dengan baik agar tidak menyumbat aliran air diselokan, drainase dan sungai-sungai yang ada.

Dengan melakukan cara penanggulangan banjir tersebut kita dapat mencegah bencana banjir. Karena selama ini pemerintah pun telah bekerja keras untuk mencegah terjadinya banjir, tetapi semua masyarakat pun harus mendukung agar semua bisa teratasi dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *