Diikuti 850 Peserta, MTQ Nasional ke 41 Tingkat Kabupaten Tanah Datar Resmi Dibuka Wagub Sumbar

Tanah Datar, KabarDaerah.com – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke 41 tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun 2022, resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar)., Audy Joinaldy, Senin (20/06/22).

Terpusat di Nagari Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, MTQ ke-41 ini mempertandingkan 31 cabang lomba dan golongan dengan lokasi lomba tersebar di mesjid, mushola dan sekolah di nagari dalam Kecamatan Tanjung Emas.

Wagub Sumbar., Audy Joinaldy dalam sambutannya mengajak segenap generasi muda, para peserta MTQ untuk menjadikan ajang MTQ sebagai ajang motivasi, meningkatan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi Al Quran sebagai kontribusi nyata dalam penerapan Adat Basandi Sarak Sarak Basandi Kitabullah.

“MTQ ke-41 ini harus menjadi lampu penerang yang tak boleh berhenti bersinar, menjadi penerang dalam masyarakat Minangkabau yang merupakan masyarakat Qurani. Selain itu juga sebagai pondasi generasi muda dalam upaya perubahan ke arah kebaikan dan melakukan syiar islam serta memelihara kesucian Al Quran sendiri,” ucap Audy Joinaldy.

MTQ ke 41 ini menurut Ketua Harian LPTQ Tanah Datar sekaligus Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar., Richi Aprian mengatakan, sistem pelaksanaan MTQ ke-41 tingkat Kabupaten Tanah Datar ini menerapkan sistem e-MTQ, mulai dari pendaftaran peserta sampai pelaksanaan penilaiannya.

“Saat ini peserta MTQ berjumlah 850 orang yang terdiri dari 441 orang laki-laki dan 409 perempuan. Untuk pengadil dan dewan hakim berasal dari LPTQ Sumatera Barat dan LPTQ Tanah Datar serta praktisi Al Quran yang berasal dari kabupaten/kota daerah tetangga,” ujar Ketua Harian LPTQ Tanah Datar yang sekaligus juga Wabup Tanah Datar., Richi Aprian.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar., Eka Putra berharap melalui ajang MTQ ini akan lahir generasi Qurani sebagai pondasi kuat dalam menggali dan membangun potensi generasi muda. Selain itu juga sekaligus sebagai ajang evaluasi perkembangan pendidikan Al Quran di Tanah Datar.

“Kegiatan ini bukan hanya sebagai meraih prestasi semata tetapi juga menggali potensi yang ada pada generasi muda. Disamping mencari qori dan qoriah, Hafizh dan Hafizah yang terbaik untuk mewakili kabupaten Tanah Datar, menjadi evaluasi perkembangan TPA/TPSA dan juga pondok Al Quran di daerah kita yang tidak terlepas dari peran serta Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ),” ungkap Eka Putra.

Turut dihadiri juga dalam pembukaan MTQ Nasional ke 41 tingkat Kabupten Tanah Datar ini, Ir. H. Arkadius Dt Intan Bano anggota DPRD Sumbar, Ketua DPRD Kabupaten Tanah datar, Kepala Kantor Kementrian Agama, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tanah Datar, Ketua MUI Kabupaten Tanah datar dan Forkopimda Kabupaten Tanah Datar.

 

Sumber  :  Dinas Kominfotik Sumbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *