Wako Sawahlunto Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembuatan Taman Bundaran

Sawahlunto, KabarDaerah.com – Walikota (Wako) Sawahlunto., Deri Asta, SH menghadiri peletakan batu pertama, pembuatan taman bundaran yang berlokasi di Kawasan Kandih atau tepatnya didepan Pengadilan Negeri Sawahlunto, Selasa siang (21/06/22).

Dalam kesempatan ini, Deri Asta mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PLN yang telah mengalokasikan dana tanggung Jawab Sosial (TJSL) untuk pembangunan taman.

“Hal ini menunjukkan bahwa PLN termasuk BUMN yang peduli terhadap perkembangan pembangunan, utamanya di Kota Sawahlunto,” ucap Desri Asta.

Deri Asta juga menyebutkan, bahwa bantuan yang diberikan menjadi nilai tambah karena PLN juga telah  memberdayakan salah satu Bumdes (Desa Sikalang) di Kota Sawahlunto dengan menciptakan berbagai produk yang memanfaatkan abu hasil pembakaran batu bara.

Kedepannya, lanjut Desri Asta, diharapkan kerjasama yang telah dilakukan PLN dengan menggandeng Bumdes dapat menjadi pilot projek, karena mampu memanfaatkan abu sisa pembakaran batubara menjadi bahan baku yang bernilai tinggi. Sehingga dapat memberi motivasi bagi masyarakat lainnya untuk menggeluti usaha seperti ini.

Sementara itu, untuk program TJSL seperti ini, PLTU UPK Ombilin Kota Sawahlnto telah mengucurkan bantuan dalam bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) senilai 150 juta rupiah.

Kegiatan dengan menggandeng Dinas PKP2LH Kota Sawahlunto ini digunakan untuk pemasangan kanstin jalan protokol di Kota Sawahlunto berupa taman lingkar yang terletak didepan Kantor Pengadilan Negeri Kota Sawahlunto.

Pejabat Lingkungan PLTU UPK Ombilin Kota Sawahlunto., Hadi Mulyanto menjelaskan, bahwa salah satu kelebihan dalam menggunakan kanstin campuran Faba ini adalah mampu atau dapat menghemat penggunaan material pasir.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan, pemanfaatan limbah batu bara ini, sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dalam bentuk untuk pembuatan batako, paving blok.

“Pemanfaatan faba ini dapat dimaksimalkan agar bisa dimanfaatkan secara masif untuk pembangunan kontruksi,” pungkas Hadi Mulyanto. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *