Kunjungi GTP Ulakan, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno Nikmati Kuliner Lokal Jus Bua Nipah

 

Padang Pariaman — Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Green Talao Park di Nagari Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakih, Selasa (5/7/2022) siang. Ia mengunjungi objek wisata tersebut untuk melakukan penilaian lanjutan di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022.

Dalam kunjungan tersebut, Sandiaga Uno menikmati sejumlah kuliner lokal di sana. Salah satunya jus buah nipah. Jus buah nipah saat ini menjadi minuman favorit di kawasan Green Talao Park Ulakan. Bahkan ia juga diajak makan bajamba, yang merupakan cara makan khas Minangkabau.

Makan bajamba dilakukan secara lesehan. Biasanya, tradisi ini dilakukan masyarakat Minang dalam setiap kegiatan besar. Dalam makan bajamba, kebersamaan bakal terjalin karena biasanya makan bajamba dilakukan seluruh lapisan masyarakat.

Menparekraf Sandiaga Uno pun tampak sangat tersanjung ketika melihat hidangan khas Padang Pariaman, di lesehan makan bajamba tersebut. Ia tampak menunjuk sejumlah makanan yang teridang.

Sebelum makan bajamba, Sandiaga Uno pun melakukan dialog sasambahan dengan para ninik mamak di Ulakan Tapakih tersebut. Setelah itu, barulah Sandiaga Uno makan bajamba bersama Wagub Sumbar, Audy Joinaldy, Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur – Rahmang, serta para tokoh masyarakat di Ulakan tersebut.

“Saya sangat kagum di Sumbar ini. Mulai dari alamnya, budayanya ataupun kulinernya,” kata Menparekraf Sandiaga Uno di sesi wawancara dengan awak media, jelang akhir kunjungannya di Green Talao Park yang menjalani penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022 tersebut.

Lebih jauh, Sandiaga Salahuddin Uno menyebut bahwa Green Talao Park sangat indah sehingga tidak salah Padang Pariaman masuk 50 besar terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.

“Galih terus potensi untuk membuka usaha dan lapangan pekerjaan. Saya lihat cukup banyak juga lapangan kerja disini,” tuturnya.

Selain itu, Green Talao Park andalan Padang Pariaman yang terus di promosikan, sehingga akan mendatangkan banyak pengunjung.

Wagub Sumbar Audy Joinaldi sangat beterima kasih kepada Menparekraf yang rajin berkunjung ke Sumbar. Untuk itu, sambungnya, Pemprov Sumbar sangat berterima kasih atas perhatian Sandiaga Uno. “Ini yang ke-4 pak menteri ke Sumatera Barat kan? Oh tidak, ini yang ke-5, 2 kali saat Ramadhan,” ujar Audy.

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur pun turut berterima kasih kepada Sandiaga Uno. Baginya, kedatangan Menparekraf tersebut suatu keistimewaan.

“Sebenarnya kita tidak puas, tapi bagaimana lagi. Makanya, kita berharap pak menteri bisa berkunjung dan lebih lama lagi di Padang Pariaman di waktu mendatang,” harap Suhatri Bur.

Suhatri Bur juga mengungkapkan optimismenya bahwa Green Talao Park bisa menjadi terbaik nasional dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI Tahun 2022 ini.

“Sumbar kemarin juara 3. Sekarang kita maunya juara 1. Dan itu Green Talao Park. Kita optimis bisa mencapai itu,” tukas Suhatri Bur. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *