Tradisi,Ziarah Amanah Silek Pingian Ke-121

Dharmasraya-Kabardaerah.com
Persatuan Silek (Silat) Pingian Rantau Batang hari gelar acara Alek tahunan, Ziarah Amanah Ke-122 tahun 2022.Ziarah amanaha atau yang lebih di kenal Alek laman merupakan tradisi tahunan yang di laksanakan setiap tahun selepas lebaran Idul Adha oleh persatuan silek Pingian yang di adakan selama 3 hari mulai dari tanggal 25-28 Juli yang bertempat di Laman Tuo Nagari Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.guru besar silek pingian zainir Dt.Mangku.

Pada kesempatan itu Yul Hendri selaku Perwakilan silek pingian rantau batang hari, membacakan sepintas sejarah silek Pingian yang telah ada sejak zaman nabi hingga sampailah ke Guru besar yang di panggil Datuak Mangku yang berarti pemimpin rantau batang hari.

Turut hadir Bupati Dharmasraya di wakili oleh Sutan Taufik selaku Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dharmasraya menyampaikan Apresiasi kepada persatuan Silek Pingian Rantau Batang Hari yang mana ini merupakan tradisi yang selalu di jaga dan lestarikan yang saat ini sudah berumur 121 tahun.

“Ini merupakan salah satu budaya (Tradisi) yang ada pada kita khususnya di kenagarian sungai Dareh ini dan harus kita jaga bersama,agar terus berkembang”. Ujarnya

Sementara Edison Datuak pucuak selaku guru silek pingian rantau batang hari dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan utama silek pingian adalah membentuk aklak,kepribadian diri dan mengenal Allah.

“Setiap yang datang pasti akan pergi, karena kita datang dari Allah dan kembali kepada Allah.Maka di silat pingin ini selain kita belajar bela diri kita juga di tuntun untuk meningkatkan keimanan dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala”,jelas Dt Pucuak.

Tampak hadir seluruh lapisan masyarakat ikut menyaksikan acara tahunan Alek laman.Diketahui bahwahsanya setiap acara Alek laman selalu melaksanakan penyembelihan sapi yang merupakan tradisi yang sudah di lakukan semenjak berdirinya silek pingian.(Nd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *