Wako Sawahlunto Berharap, Pemprov dan Pemerintah Pusat Agar Mengoptimalkan Pengelolaan OCMHS

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH berharap sekaligus mengajak Pemprov Sumbar dan pemerintah pusat untuk secara bersama meningkatkan komitmen dan upaya dalam mengelola Ombilin Coal Mining Heritage Sawahlunto (OCMHS).

“OCMHS ini bukan hanya milik Sawahlunto, tapi milik Sumbar dan Indonesia. Jadi mari kita bersama mengelolanya,” ungkap  Wako Deri Asta pada sarasehan peringatan tiga (3) tahun Ombilin Coal Mining Heritage Sawahlunto (OCMHS), Rabu (6/7) di Rumdis wako Sawahlunto.

Wako Deri Asta menyebutkan bahwa Pemko  Sawahlunto, Pemprov Sumbar dan pemerintah pusat memiliki kewenangannya masing-masing dalam mengurus OCMHS dan hal ini, bisa disinergikan.

“Pemko Sawahlunto dalam hal ini kewenangannya menjaga dan merawat kawasan dan aset-aset yang termasuk dalam OCMHS. Hal ini telah kami laksanakan dengan kebijakan dan berbagai program terkait,” ujar Wako Sawahlunto Deri Asta.

Sementara untuk kewenangan lainnya seperti, pembentukan Badan Pengelola, berada di tangan pemerintah pusat.

“Keberadaan Badan Pengelola OCMHS itu sangat penting. Perannya sangat besar dalam mengelola warisan dunia Sawahlunto. Untuk itulah, pemko berharap dan akan terus mendorong pemerintah pusat dalam merealisasikan Badan Pengelola dimaksud,” pungkas  Wako Deri Asta.

Wako Sawahlunto Deri Asta, juga mengajak enam (6) daerah di Sumbar yang termasuk ke dalam kawasan OCMHS untuk secara bersama berperan aktif meminta kepada pemerintah pusat, terkait dengan pembentukan Badan Pengelola.

Diketahui, daerah yang termasuk ke dalam lingkup OCMHS adalah Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Tanah Datar. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *