Rakernas XV Apeksi di Padang Dibuka Langsung Oleh Menteri Perdagangan RI

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) tahun 2022, yang dilaksanakan di Kota Padang, Provinsi Sumbar, secara resmi dibuka oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr (HC) Zulkifli Hasan, SE MM pada Senin (8/8/2022) di Hotel Truntum, Kota Padang.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya menyampaikan bahwa ada duka yang tertinggal akibat Pandemi Covid-19 dan hal ini, harus dapat kita gantikan dengan semangat membangun negeri.

“Semangat membangun negeri,  memerlukan sinergi dan kerjasama serta kolaborasi dari berbagai pihak. Untuk itu, Pemerintah Kota dan Kabupaten tidak boleh menyerah dengan keadaan ini. Secara bersama, mari kita jadikan permasalahan yang hadir di tengah masyarakat saat ini,  sebagai momentum  untuk merencanakan, merancang serta mempercepat pertumbuhan dengan membalikan kondisi yang berat Pasca Covid-19 saat ini,” ujar Gubernur Mahyeldi.

Pemerintah daerah,  terutama  pemerintah Kota/Kabupaten harus mengambil kebijakan antisipatif untuk meminimalisir dampak sosial dari Covid ini dengan berbagai upaya nyata, yang salah satunya, melakukan kerjasama antar daerah di Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh Sumatera Barat dengan beberapa daerah di pulau Sumatera, Jawa bahkan ke manca negara.

Sementara itu,  Menteri Perdagangan RI, Dr (HC) Zulkifli Hasan, SE MM  menuturkan bahwa ekonomi Indonesia pada kwartal kedua,  tumbuh 5,44 %, sementara untuk sektor perdaganan,  tumbuh 4.42 %.

“Hal ini, merupakan surplus pada sektor perdangan tertinggi dalam sejarah di Indonesia, yakni 24, 89 milyar dolar. Untuk itu, apresiasi atas peran Gubernur, Walikota atau Bupati  di seluruh Indonesia yang bekerja secara maksimal untuk membangkitkan perekonomian, khususnya pada sektor perdagangan,”ungkap Zulkifli Hasan.

Menteri Perdagangan RI juga menyampaikan bahwa, peran pemerintah kota dalam meningkatkan kinerja perdagangan secara nasional,  diantaranya dapat dilakukan dengan dukungan tranformasi digital UMKM dan perdagangan pasar untuk capai target 1.000 pasar rakyat serta satu juta UMKM yang tergitalisasi, dengan melakukan pengawasan barang dan jasa, pemantauan harga kebutuhan pokok, peningkatakan kordinasi pusat –daerah, serta mendorong UMKM untuk menembus pasar ekspor,  khususnya melalui pemamfaatan FTA.

“Semoga melalui kegiatan APEKSI 2022 maka kita akan sama-sama bangkit,  secara bersama untuk memulihkan ekonomi Indonesia,” pungkas Menteri Perdagangan.

Disisi lain, Walikota (Wako) Sawahlunto Deri Asta SH yang hadir dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV APEKSI 2022 di Kota Padang ini  menyebutkan bahwa, Kota Sawahlunto patut berbangga. Sebab, pertumbuhan UMKM di Kota Warisan Budaya Dunia Unesco ini cukup massif, baik diwaktu pandemik terlebih lagi pasca Covid-19 mulai melandai.

“Semangat masyarakat Kota Sawahlunto pantut  kita acungkan jempol. Sebab, tetap semangat dimasa-masa sulit akibat Pandemi Covid-19. Semangat inilah yang menjadi acuan dari pemerintah kota untuk menggulirkan berbagai bantuan bagi UMKM, yang dinilai mampu bangkit dan berkembang. Sehingga dengan bantuan yang diberikan, akan dapat dan mampu lebih  baik dan lebih berkembang,” ujar Wako Sawahlunto Deri Asta.

Untuk itu,  Pemerintah Kota tetap menghimbau kepada setiap OPD di Kota Sawahlunto agar dapat menjadikan produk yang diproduksi oleh UMKM lokal, dapat dijadikan sebagai cendera-mata bagi  tamu yang datang dan berkunjung ke Kota Sawahlunto. Begitupun untuk  setiap kegiatan yang dilakukan oleh Pemko Sawahlunto,  harus memanfaatkan produk makanan dan minuman yang di hasilkan oleh UMKM lokal. Sehingga dengan upaya tersebut, kita yakin bahwa ke depannya, UMKM Sawahlunto akan dapat lebih  berkembang dan berinovasi.

Agenda Rakernas APEKSI KE XV akan berlanjut hingga  Selasa (9/8) dengan berbagai agenda  kegiatan dan untuk penutupan besok, direncanakan akan  dihadiri langsung oleh Menteri Dalam,  Tito Karnavian. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *