Wawako Sawahlunto, Hadiri Pembukaan Bumi Pelestarian Pusaka Indonesia di Siak, Riau.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno pada Sabtu sore (20/8) menghadiri secara langsung, pembukaan Bumi Pelestarian Pusaka Indonesia di Lapangan Istana Siak, Kabupaten Siak, Riau.

Menteri Sandiaga Uno mengatakan, Kesultanan Siak memiliki peran besar dalam memberikan pembangunan perekonomian Indonesia.

“Apresiasi dan ungkapan terimakasih kita berikan kepada Sultan Syarif Kasim II yang telah ikut berperan serta ambil bagian dalam pembangunan  ekonomi Indonesia,” ungkap Menteri  Sandiaga Uno.

Lebih lanjut dikatakan bahwa,  kegiatan Temu Pusaka Siak 2022 ini  menjadi langkah awal pemerintah terutama Kemenparekraf RI,  untuk menjalin kerjasama wisata berbasis budaya. Potensi yang ada,  menjadi modal dan semangat peluang serta tantangan dalam penerapan ekonomi pusaka di berbagai Kota Pusaka, di Indonesia.

Sementara itu, Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto, Zohirin Sayuti SE yang turut hadir dalam acara ini menyampaikan bahwa tema pariwisata berbasis pusaka bersejarah,  sangat cocok untuk  diterapkan di Kota Sawahlunto.

“Penemuan batubara pertama di patahan sugar tahun 1868,  menjadi cikal bakal berdirinya Sawahlunto hingga saat ini. Bahkan telah diakui dunia sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia UNESCO. Untuk itu,  harus dapat dioptimalkan bagi  kemajuan sektor pariwisata Sawahlunto,  ke depannya,” ujar Wawako Zohirin.

“Pariwisata berbasis pusaka sejarah dengan kemasan kearifan lokal, akan  memberi manfaat bagi pelaku usaha. Dengan demikian,  Nantinya, target tidak saja pada wisatawan lokal namun mencakup kepada para wisatawan dari  mancanegara,” pungkas Wawako Sawahlunto mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *