Berikan Kuliah Umum di STAI MA, Alirman Sori : Mata Kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan di Kampus Wajib

Pessel, KabarDaerah.com – Anggota DPD RI., Dr H Alirman Sori, SH, M.Hum, MM memberikan Kuliah Umum kepada mahasiswa STAI MA Bayang dengan Tema “Empat Pilar dalam perspektif pendidikan tinggi” disalah satu hotel di Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Kab Pessel), Sabtu (24/09/22).

Dalam kuliah umumnya, Alirman Sori
dalam Amanat dari UU Nomor 12 Tahun 2012 bahwa ada kewajiban kampus untuk mengadakan mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan.

Lanjutnya, Alirman Sori menjelaskan pentingnya memahami Pancasila dengan pendekatan historis. Ia menegaskan, jika Indonesia ingin menjadi bangsa yang besar maka negara ini harus berpijak pada falsafahnya sendiri yaitu Pancasila. Mengingat semua kamajemukan di Indonesia dapat direkatkan dalam semangat Pancasila.

“Pancasila telah menyatukan kita semua, dari masyarakat Sumatera Barat yang telah ikut berkorban darah dan air mata untuk merebut kemerdekaan, ikut menyepakati dasar negara kita. Maka kita terimalah Pancasila ini sebagai dasar yang menyatukan kita semua,” ucap Alirman Sori.

Empat pilar kebangsaan bertujuan untuk memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, guna meningkatkan kesadaran kita tentang kehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat, gotong royong, toleransi, kerukunan dan hidup berdampingan merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan Empat Pilar Kebangsaan.

Peran mahasiswa jangan di anggap remeh karena kita bisa merdeka salah satunya berkat perjuangan pemuda-pemuda pahlawan bangsa yang dulu berjuang demi NKRI.

Alirman Sori juga mengutarakan, bahwa sudah seharusnya mahasiswa kritis dan aktif terhadap semua hal, karena tonggak estafet pemerintah ini ada di tangan mahasiswa saat ini. Mahasiswa jangan dibungkam, dipukuli, diseret-seret, dan dikerasi karena sudah tugas mahasiswa sebagai wakil suara rakyat untuk mengkritisi kinerja pemerintah.

“Mahasiswa sebagai Agent Of Change yang menentukan masa depan Bangsa. Bagimana negara ini tergantung bagaimana Jiwa Muda,” tegas Alirman Sori sambil memgakhiri. (PBP)

 

Editor  :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *