MenPAN-RB Azwar Anas Resmikan MPP Kota Sawahlunto

Sawahlunto, KabarDaerah.com – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB)., Abdullah Azwar Anas sangat mengapresiasi berbagai langkah reformasi birokrasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto. Salah satu langkahnya, melalui Mall Pelayanan Publik (MPP).

“Kami berterima kasih dan memberi apresiasi kepada Pemko Sawahlunto atas reformasi birokrasi yang sudah direalisasikan melalui MPP. Namun, tidak bisa hanya sampai disini, artinya diperlukan komitmen dalam melanjutkan pelayanan di MPP ini dengan meningkatkannya dari berbagai segi jenis pelayanan maupun inovasi sarana dan prasarana,” ungkap Azwar Anas saat meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Sawahlunto, di simpang tiga Muaro Kalaban, Kota Sawahlunto, Senin (26/09/22).

Abdullah Azwar Anas menyebutkan, bahwa reformasi birokrasi sesuai arahan dari Presiden RI yang salah satu poinnya adalah bagaimana menciptakan pelayanan yang efektif dan efisien bagi masyarakat dan Mall Pelayanan Publik menjadi bagian dari pelaksanaan arahan tersebut.

“Kedepan yang perlu menjadi perhatian bersama adalah bagaimana menjaga mutu pelayanan di MPP ini. Kalau sekarang kami sudah melihat kualitas pelayanan sudah bagus dan menarik. Agar bisa bertahan kualitas tersebut tentu butuh komitmen dan evaluasi terus menerus dari Pemko bersama seluruh lembaga/instansi yang bekerjasama menyediakan pelayanannya di sini,” ujar Abdullah Azwar Anas.

Abdullah Azwar Anas juga sangat  mengapresiasi Mall Pelayanan Publik Kota Sawahlunto ini yang diintegrasikan dengan pasar Songket Silungkang.

“MPP Sawahlunto ada keunikannya karena, dikolaborasikan dengan produk lokal daerah dari pelaku Usaha Mikro Kecil (UKM), berupa Songket Silungkang. Sehingga MPP telah turut berperan memfasilitasi dan mempromosikan pemasaran Songket Silungkang. Kami sangat mengapresiasi hal ini, dan harus dipertahankan keunikan yang sudah ada ini,” pungkas Abdullah Azwar Anas.

Sementara itu, Deputi Pelayanan Publik KemenPAN-RB., Diah Natalisa mengatakan, bahwa untuk menjaga mutu pelayanan di MPP maka perlu secara berkala diberikan kegiatan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari para petugas yang menjaga gerai-gerai pelayanan.

“Berhadapan langsung membantu masyarakat setiap harinya tentu akan ditemui banyak dinamika dari karakter orang yang berbeda-beda. Nah itu kan menyikapinya butuh juga ilmu dan tips-tips tersendiri agar tercipta pelayanan yang prima, bagusnya ada sosialisasi atau pelatihan untuk hal ini,” urai Diah.

Wali Kota Sawahlunto., Deri Asta, SH menyampaikan ungkapan terima kasih atas kesediaan MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas untuk datang dan berkunjung langsung guna meresmikan MPP Kota Sawahlunto.

“Bagi Pemko Sawahlunto, penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik ini merupakan prioritas sebab termasuk dalam visi misi dalam  mewujudkan kota berbasis smart city (kota pintar) dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Dan sebagai daya tarik investor, juga tersedianya infrastruktur publik yang merata dan memadai,” ujar Deri Asta.

Deri Asta menyebutkan dengan kehadiran MPP, masyarakat bisa menikmati dan mengurus berbagai pelayanan dengan cukup di satu tempat, tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya transportasi untuk berpindah dari kantor ke kantor.

“Ada 25 gerai pelayanan yang terselenggara di MPP ini, sementara untuk perizinan ada 219 jenis izin,” ujar Deri Asta.

Selain pelayanan perizinan dan non perizinan untuk masyarakat, MPP ini juga berperan strategis dalam meningkatkan daya tarik investasi ke Kota Sawahlunto.

Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMTSP-Naker) Kota Sawahlunto., Dwi Darmawati mengatakan, bahwa Mall Pelayanan Publik ini memamfaatkan dengan  menggunakan bangunan eks Pasar Songket Silungkang di simpang Muaro Kalaban dengan luas lantai dasar 1.300 M2.

“Kami membuka pelayanan sejak jam delapan pagi sampai jam empat sore. Berbagai fasilitas yang disediakan seperti jaringan internet (Wi-Fi), pusat informasi, parkir, mushalla, ruang laktasi, ruang bermain anak, pelayanan khusus disabilitas, kantin dan dilengkapi pengawasan CCTV,” ujar Dwi Darmawati.

Untuk 25 gerai yang sudah beroperasi saat ini di Mall Pelayanan Publik adalah, gerai DPMTSP-Naker, gerai SAMSAT, gerai Bank Nagari, gerai Pajak Pratama, gerai BPJS Ketenagakerjaan, gerai BPJS Kesehatan, gerai Disdukcapil, gerai Polres, Gerai BNN, gerai Imigrasi, gerai Taspen, gerai Kejaksaan, gerai Kemenag.

Berikutnya, gerai PT POS, gerai PLN, gerai BPKAD, gerai PDAM, gerai PPID, gerai BPN, gerai LPSE, Pusat Informasi Pariwisata, Pusat Informasi Warisan Dunia dan layanan notaris serta PPAT.

Sementara Gubernur Sumbar., Mahyeldi Ansharullah menyampaikan ucapan selamat kepada Pemko dan masyarakat Sawahlunto atas telah berfungsinya MPP Sawahlunto.

MPP Kota Sawahlunto adalah MPP kelima yang berdiri di Provinsi Sumatera Barat. Sementara bagi MenPAN-RB Azwar Anas, MPP Sawahlunto menjadi MPP pertama yang diresmikannya semenjak dilantik menjadi MenPAN-RB. (Fdm)

 

Editor  :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *