Pengumpulan Zakat Oleh Baznas Sawahlunto, Meningkat


Sawahlunto, KabarDaerah.com – Baznas Kota Sawahlunto, sampai Agustus 2022 telah berhasil mengumpulkan zakat senilai Rp 4,4 miliar. Hal ini, artinya Baznas Kota Sawahlunto berhasil melakukan peningkatan jumlah pengumpulan zakat.

Dampak hal ini bagi Baznas, akan dapat menambah jumlah mustahiq yang berhak menerima penyaluran zakat.

Ketua Baznas Kota Sawahlunto., Edrizon Effendi menyampaikan hal tersebut, terhitung hingga Agustus 2022, jumlah pengumpulan zakat oleh Baznas telah mencapai Rp 4,4 miliar.

“Alhamdulillah, terlihat peningkatan jika dibandingkan dengan pengumpulan tahun 2021 yang sampai Desember jumlah yang terkumpul sejumlah Rp 4,5 miliar. Sementara untuk sekarang ini, pada 2022 per Agustus sudah mencapai Rp 4,4 miliar. Sehingga kita optimis, sampai Desember tahun 2022 ini akan bisa mencapai target pengumpulan sampai Rp 5,1 miliar,” ungkap Edrizon kepada awak media, Selasa (27/09/22).

Lebih lanjut dikatakan Edrizon, dengan semakin meningkatnya jumlah pengumpulan zakat, akan berdampak langsung pada bertambahnya jumlah mustahiq yang akan menerima penyaluran zakat dari Baznas.

Sementara itu, Wali Kota (Wako)  Sawahlunto., Deri Asta, SH menyampaikan, bahwa beberapa faktor yang ikut mendorong bertambahnya jumlah pengumpulan zakat oleh BAZNas Sawahlunto. Salah satunya adalah bertambahnya zakat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto.

“Awalnya dulu, dari PNS ini yang dibayarkan untuk zakat hanya dari gaji. Namun sekarang, juga dari sumber tunjangan dibayarkan zakatnya. Sehingga hal ini, berpengaruh cukup signifikan dengan meningkatnya jumlah zakat yang dikumpulkan oleh Baznas Kota Sawahlunto,” ujar Deri Asta.

Hal pendorong lainnya, bertambahnya lembaga/instansi dan perusahaan perusahaan yang membayarkan zakatnya kepada Baznas Kota Sawahlunto.

“Kami mengapresiasi Baznas Kota Sawahlunto yang kinerjanya semakin baik, sehingga semakin banyak pihak yang percaya untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas. Hal ini, adalah amanah bagi Baznas yang harus dijaga dan dikelola, sesuai dengan syariatnya,” ungkap Deri Asta penuh harap.

Deri Asta menilai, bahwa salah satu hal yang mampu meningkatkan kepercayaan publik kepada Baznas Kota Sawahlunto adalah proses verifikasi faktual yang dilaksanakan kepada setiap mustahiq calon penerima zakat.

“Baznas Kota Sawahlunto telah terlihat berkomitmen dalam menjalankan amanah untuk menyalurkan zakat. Dengan cara verifikasi faktual, sehingga yang menerima zakat benar-benar yang berhak. Artinya, memang termasuk ke dalam kriteria mustahiq, karena telah melewati  tahapan verikasi sampai peninjauan ke lapangan,” pungkas Deri Asta mengakhiri. (Fdm)

 

Editor  :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *