Workshop Jurnalistik, UKM Gema UNDHARI Undang Sekolah SLTA se Sumbar, Riau dan Jambi

Dharmasraya, KabarDaerah.com – Unit Kegiatan Mahasiswi Gelenggang Mahasiswa (GEMA) Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) menggelar kegiatan Workshop Jurnalistik tingkat Mahasiswa dan SLTA/Sederajat se Sumbar, Riau dan Jambi di Auditorium Dara Jingga Undhari yang di beralangsung selama 2 hari Sabtu, Minggu ,1-2 Oktober 2022.

Acara ini diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari mahasiswa dan siswa SLTA/Sederajat. Pada kesempatan tersebut, didatangkan sebagai Narasumber yaitu Sekertaris PWI Dharmasraya,. Ahda Yahya, Wartawan Antara., Ilka Saputra, Pimpinan Umum Gema Periode 2021, Wakil Rektor III Undhari, sekaligus Pembina Gema., Dr Amar Salahuddin,M.Pd.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana., Rifki Novembra Suhetman menyampaikan kepada kepada seluruh peserta yang mengikuti Workshop jurnalistik untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang telah diadakan guna untuk pemahaman kepada peserta dengan ilmu yang akan di berikan.

“Untuk peserta workshop jurnalistik saya mintak untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang telah ada.Ini merupakan ketentuan dalam kegiatan agar nantiknya peserta paham dan bisa dalam ilmu jurnalistik,” ungkap Rifki.

Wakil Rektor III Undhari., Dr Amar Salahuddin, M.Pd dalam sambutannya mengatakan kepada peserta bahwasanya, workshop jurnalistik diselenggrakan sebagai salah satu bentuk untuk meningkatkan literasi atas berkurangnya perkembangan karya sastra.

Dikataknya, pada dasarnya media massa memiliki peran yang begitu penting dalam mengembangkan karya sastra.

“Workshop jurnalistik ini merupakan salah satu bentuk untuk meningkatkan karya sastra dan literasi kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini,” ungkap Amar Salahuddin.

Wakil Rektor I., Wulan Andang, M.Kom pada kesempatan itu mewakili Rektor Undhari dalam pembukaan Workshop jurnalistik mengatakan, khususnya kepada mahasiswa Undhari dalam berkuliah juga tidak hanya di kelas saja dan juga harus memiliki potensi dan skill dengan cara bergabung Unit Kegiatan Mahasiswi.

“Kepada mahasiswa Undhari nantiknya diharapkan juga bergabung dalam UKM salah satu Gema Undhari ini guna untuk melatih potensi dan skill dalam ilmu jurnalistik nantiknya,” ujar Wulan.

Ahda Yaya selaku Narasumber dalam kegiatan workshop Jurnalistik pada kesempatan itu meberikan materi materi Cara Pembuatan Narasi dalam pemberitaan kepada seluruh peserta workshop jurnalistik.

”Adapun untuk para peserta dalam pembuatan narasi dalam Jurnalistik yang pertama sekali kita harus menentukan tema dalam peliputan dan pembuatan narasi,” jelas Ahda Yaya.

Semetara itu, Ilka Saputra yang merupakan wartawan Antara (LKBN) selaku narasumber pada kesempatan itu menyampaikan materi tentang Produk Jurnalistik.

“Dalam pembuatan produk Jurnalistik yang pertama harus kita lihat yaitu menentukan dimana angle (Sudut Pandang) dalam sebuah berita. Dimana nantiknya berita kita buat bisa meningkat nilai baca kepada publik nantiknya,” ungkap Ilka Saputra sambil mengakhiri. (Nd)

 

Editor  :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *