Wawako Zohirin Pimpin Studi Komparatif Awak Media Sawahlunto ke Kota Pekanbaru

Pekanbaru, KabarDaerah.com – Wakil Wali Kota (Wawako) Sawahlunto, Zohirin Sayuti, SE memimpin para awak media Kota Sawahlunto ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekanbaru, dalam rangka studi komparatif, serta sekaligus bersilaturahmi ke salah satu media terkemuka di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (24/11/22).

Studi komparatif atau studi tiru yang diikuti oleh 19 awak media atau jurnalis media cetak, online dan elektronik yang ada di Kota Sawahlunto ini, disambut oleh jajaran Pemko Pekanbaru dalam hal ini Dinas Kominfo dan Dinas komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru.

Wawako Sawahlunto., Zohirin Sayuti dalam paparannya menyampaikan secara singkat tentang sejarah berdirinya Kota Sawahlunto yang saat ini sudah diakui oleh Unesco sebagai kota warisan dunia.

Sawahlunto merupakan kota tambang batubara tertua dan dimulai dari jaman kolonial Belanda. Secara resmi, kota ini lahir sejak tahun 1888 dengan aktivitas tambang dimulai sejak tahun 1892. Begitupun Sawahlunto juga punya Songket tertua di Sumatera, Songket Silungkang.

Pada tahun 2003, Sawahlunto nyaris menjadi kota mati akibat berhentinya produksi batubara oleh Perusahaan Tambang Batubara Ombilin. Secara perlahan, kota ini terus berjuang dan bangkit seiring dengan ditetapkannya visi Kota Sawahlunto sebagai kota wisata tambang yang berbudaya dan pada tahun 2019, diakui sebagai kota warisan dunia oleh badan dunia Unesco.

“Kami mengajak dan mengundang jajaran Pemko Pekanbaru untuk datang dan berkunjung ke Kota Sawahlunto sebagai kunjungan balasan bagi awak media yang mengikuti studi tiru saat ini,” ungkap Zohirin Sayuti.

Sementara itu, Plt Kadiskominfo Kota Pekanbaru., Putra sangat apresiasi terhadap Pemko Sawahlunto yang mampu membawa awak media Kota Sawahlunto melakukan kegiatan studi tiru.

“Kami menyampaikan permohonan maaf dari Pj Walikota karena tidak dapat menghadiri kegiatan ini. Terima kasih atas undangan dari Wakil Walikota Sawahlunto dan kami akan datang serta berkunjung ke kota warisan dunia Sawahlunto, sebagai bentuk kunjungan balasan,” ujar Putra.

Berikutnya, kegiatan dilanjutkan kesalah satu media terkemuka di Kota Pekanbaru.

Selain bersilaturrahmi, para awak media Kota Sawahlunto juga berdiskusi dengan jajaran Redaksi salah satu media di Kota Pekabaru, terkait dengan kota wisata Sawahlunto serta pengelolaan dan kerjasama medianya dengan Pemko Sawahlunto yang selama ini, berjalan cukup baik. Sehingga mampu setiap tahunnya mengajak mitra (awak media) berkunjung untuk melakukan Study Komparatif.

 

Reporter  :  Fidel

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *