Pesta Perayaan HJK Sawahlunto 134, Berlangsung Lancar dan Meriah.


Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Puncak Hari Jadi Kota (HJK) Sawahlunto ke-134 pada 1 Des 2022, berupa prosesi makan bajamba sebagai ciri khas HJK Kota Sawahlunto, berlangsung lancar dan meriah bertempat di pusat kota, Lapangan Segitiga, Kota Sawahlunto.

Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH mengatakan bahwa, pada HJK ini tercatat lebih dari 200 perwakilan yang mendaftar mengikuti momentum makan bajamba.

“Bukan 200 orang jumlahnya, tapi 200 perwakilan dan  setiap perwakilan itu tidak kurang 10 orang. Perwakilan tersebut berasal dari  berbagai unsur, mulai dari OPD di Pemko Sawahlunto, Pemerintah Desa dan Kelurahan, sekolah, instansi vertikal, BUMN dan BUMD serta organisasi atau kelompok masyarakat dan para tamu undangan lainnya,” ungkap Wako Sawahlunto Deri Asta.

Prosesi makan bajamba pada Hari Jadi Kota Sawahlunto ke-134 ini  berlangsung sedikit  istimewa, karena merupakan HJK terakhir bagi kepemimpinan Deri Asta dan Zohirin Sayuti.

Sawahlunto sebagai kota wisata, terlebih istimewanya lagi pada HJK kali ini, dengan disajikannya makanan tradisional khas dari sepuluh (10) nagari yang ada di Kota Sawahlunto.

Selain itu, juga disediakan gulai kalio daging yang berasal dari satu (1) ekor sapi bantuan PT. Bukit Asam, PLTU Sijantang dan Bank Nagari.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy yang hadir pada HJK ini  menyampaikan apresiasinya untuk Kota Sawahlunto atas segala keberhasilan yang telah diraih. Antara lain, kota paling rendah tingkat kemiskinannya secara nasional.

“Sawahlunto ini angka stunting-nya paling rendah di Sumbar, angka kemiskinan juga paling rendah, angka pengangguran rendah, pertumbuhan ekonomi bagus. Hal ini, tentu berasal dari komitmen Kepala Daerah, kinerja jajaran Pemko dan peran serta masyarakat serta dukungan dari semua pihak. Hal ini yang sangat kami apresiasi dan terima kasih untuk itu,” ujar  Wagub Sumbar Audy Joinaldy.

Hadir dalam kegiatan makan bajamba ini,  Direktur Pengembangan Usaha PT. Bukit Asam (PTBA), Rafli Yandra bersama sejumlah istri para Direksi PTBA.

Juga hadir para istri dari Walikota Sawahlunto periode 1993-2003 (almarhum) Subari Sukardi dan Walikota Sawahlunto, periode 2003-2013 (almarhum) Amran Nur.

Sementara itu, Wakil Walikota Sawahlunto periode 2003-2008 Fauzi Hasan dan Wakil Walikota Sawahlunto, periode 2008-2013 Ismed SH juga terlihat hadir diantara undangan.

Sementara dari jajaran Forkopimda Sawahlunto, General Manager PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin, Kepala Cabang Bank Nagari Kota Sawahlunto, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok, Bank Indonesia Wilayah Sumbar, BNN Kota Sawahlunto, Badan Pusat Statistik Kota Sawahlunto dan perwakilan para perantau Sawahlunto. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *