85 Anggota PPK Se-Padang Pariaman Dilantik

Padang Pariaman — Sebanyak 85 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas menjalankan tahapan pemilu 2024 di tingkat kecamatan dilantik, Rabu (4/1/2022) di Hotel The ZHM Premiere Padang.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) itu dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua KPU Padang Pariaman Zulnaidi SH, disaksikan komisioner KPU lainnya, Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, Forkopimda, Bawaslu Padang Pariaman serta Camat se Padang Pariaman.

Ketua KPU Padang Pariaman Zulnaidi berharap usai dilantik anggota PPK langsung melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder setingkat kecamatan. Karena kesuksesan Pemilu 2024 tidak dapat dicapai tanpa keterlibatan seluruh pihak.

“Saya yakin anggota PPK yang sudah dilantik memiliki komitmen yang tinggi, sehingga apapun persoalan yang akan terjadi nantinya akan diselesaikan secara bersama-sama. Jalankan tugas sesuai peraturan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu,” papar Zulnaidi.

Apalagi anggota PPK, sambung Zulnaidi merupakan putra putri terbaik Padang Pariaman yang terpilih dari 1200 pendaftar sebelumnya.

Disamping itu, tugas lain yang akan dilakukan anggota PPK, menjadi perpanjangan tangan KPU ditingkat kecamatan dalam hal penyusunan dan pemuktahiran data pemilih untuk 2024 yang akan berjalan.

Selain itu, KPU juga diminta pihak PPK nantinya membantu untuk melakukan seleksi wawancara petugas PPS.

“Anggota PPS itu cukup banyak, sehingga tidak bisa diakomodir sendiri oleh KPU dalam melakukan seleksi wawancaranya. Kita akan libatkan Anggota PPK, namun untuk menentukan kelulusan adalah pihak KPU,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota PPK se Padang Pariaman.

“Anggota PPK harus mampu bersinergi, menciptakan iklim yang kondusif untuk penyelenggaraan pemilu 2024 mendatang. Kedepannya banyak tanggung jawab yang harus dijalani anggota PPK, Untuk itu seluruh anggota PPK agar dapat menjalankan amanah yang diberikan guna terwujudnya demokrasi dalam bernegara,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan mendukung penuh pesta demokrasi Tahun 2024. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pesta demokrasi yang berkualitas, jujur dan adil. Kerja sama yang baik semua pihak hendaknya mampu mensukseskan pemilu 100%.

Ia berharap anggota PPK dapat mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil (Jurdil). Apalagi tahun 2024 nanti merupakan tahun politik yang diprediksi akan penuh dengan dinamika politik. Pahami kode Etik selaku pelaksana pemilihan, bersikap netral dan hindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan rusaknya citra pelaksana Pilkada yang pada akhirnya dapat mengurangi kualitas hasil pemilihan.

‘’Saya akan ikut mendorong secara aktif agar tahapan-tahapan pemilu ke depan dapat mencerminkan bahwa Padang Pariaman memang betul-betul siap melaksanakan pemilu yang berkualitas dan bermartabat,” ucapnya.

“Pelantikan PPK merupakan momentum perbaikan kualitas penyelenggaraan pemilu menjadi sangat penting dan menjadi kata kunci, karena merupakan tonggak awal penyelenggaraan pembangunan lima tahun berikutnya,” ungkap Rahmang.

Dalam mendukung lancarnya pemilu serentak tahun 2024, Wabub meminta Forkopimcam se Kota Pariaman untuk mendukung tugas PPK.

“Pemerintah Kota Pariaman terus komitmen mendukung tugas-tugas KPU, dalam hal ini PPK. Termasuk dalam bentuk dukungan fasilitas-fasilitas sesuai dengan perintah undang-undang dan peraturan yang berlaku,” tutupnya. (Syh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *