Air manca! wisata Alam tersembunyi di Nagari Rantau Simalenang Air Haji

Pessel, Kabardaerah.Com–  Air manca Yang disertai keindahan Alam di Nagari Rantau Simalenang air haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti. bukan hanya terkenal dengan pengelolaan ikan larangannya, Tapi juga ada Air terjun wisata Alam yang masih tersembunyi.

“Akhir-akhir ini, pascapandemi Covid-19, warga mulai mempromosikan keunikan Alam dan budaya, termasuk air terjun yang selama ini hanya diketahui masyarakat setempat.

Salah satunya yakni wisata alam Air terjun yang dikenal (Air manca) di Nagari Rantau Simalenang Air haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Tempatnya memiliki air yang jernih dan bebatuan yang unik berupa kolam.

 

Kendati demikian, Dan dikisahkan Legendarisnya, Walinagari Anan Bakri, menjelaskan bahwa ada tempat wisata di Kampung nya Air terjun lebih tepatnya  dikenal  (Air manca) wisata yang memiliki periasi yang unik dan alami penorama Alam yang sejuk.

Memliki wisata alam ada banyak spot-spot asyik yang juga sangat menantang setiap kali anda menuju destinasi-destinasi indah di sana, seperti sebuah spot air terjun ada kolam dibawanya yang dilingkari bebatuan  memiliki air yang bersih”, tuturnya kepada Kabardaerah.Com, Jumat (27/01/2023).

 

Wisata tersebut, bertempat di  Kampung danau Rantau Simalenang, lokasi Air terjun  menyimpan begitu banyak potensi pariwisata alam.

Kalau dalam bahasa Inggrisnya air terjun disebut (waterfaal), dalam bahasa ibu saya disebut air manca, Air terjun ini namanya (air manca) dari Kampung danau menuju air manca ditempuh dengan jalan kaki menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit”, tambahnya.

Lebih lanjutnya, wisatawan yang hendak menuju air manca harus didampingi pemandu lokal dengan titik awal Kampung danau, selanjutnya mereka harus melewati jalan yang menurun dan agak landai.

Air manca, selain menikmati penorama Alam yang indah, wisatawan bisa berenang di kolam air terjun yang sejuk dan menikmati udara alam yang segar.

Untuk sampai ke air terjun ini, treveller harus trekking sekitar 30 menit dengan menempuh jalan penurunan dan landai. Meski melelehkan, tetapi percayalah lelahmu akan terbayarkan dengan keindahan tempat yang dikenal Air manca ini.

“Tempat pemandian paling Populer di Air manca, cocok untuk Relaksasi! Air terjun berukuran mini yang mengalir di antara tebing tinggi, diselimuti tumbuhan hijau dan air yang jernih berwarna kebiruan membuat tempat ini terlihat asri dan menawan. Wisatawan pun dapat langsung merasakan segarnya air dengan berenang di kolam alami yang ada di bawah air terjun tersebut”, tuturnya Walinagri Anan Bakri.

 

Salah seorang pengunjung, Angi (30) mengakui beserta teman-temannya tempat wisata air manca sangat indah dan memiliki air yang bersih suasana Alamnya sangat sejuk, apalagi ada bebatuan yang besar tempat para pengunjung sambil bersantai sambil menikmati suasana Alam”, Pungkasnya.

Kami sering kesini, dengan alasan tempat wisata Air manca banyak keindahan, ada kolam dari bebatuan tempat kita bisa mandi airnya jernih dan adem”, tutupnya.

 

Wisata air terjun dikenal Air Manca tersebut, menuai banyak sejarah di Air Haji.

 

Reporter: Efrizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *