Beranda DAERAH KAB. DHARMASRAYA Ada Kampung Ramadhan Di Dharmasraya, Nagari Terbaik Akan Memperoleh Uang Tunai Serta...

Ada Kampung Ramadhan Di Dharmasraya, Nagari Terbaik Akan Memperoleh Uang Tunai Serta Pembinaan

14

Pulau Punjung, kabardaerah.com – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), membuat program “Kampung Ramadhan” dalam rangka menyemarakan Ramadhan 1439 Hijriah.

“Ini bertujuan untuk melihat inovasi dan kreativitas masing-masing nagari (desa adat) dalam menyemarakan puasa tahun ini,” kata Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, di Pulau Punjung, Selasa.

Kampung Ramadhan di setiap nagari (desa adat), sebutnya akan dinilai. Secara umum ada beberapa poin yang menjadi penilaian Kampung Ramadhan, diantaranya terkait kebersihan lingkungan dan tempat ibadah, kegiatan keagamaan di setiap nagari.

“Lalu ramai tidaknya masjid oleh jamaah selama Ramadhan, serta berapa poin lainnya,” katanya.

Ia mengatakan nagari terbaik akan memperoleh uang tunai serta pembinaan sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah setempat.

Ia berharap pemerintah nagari bersama lapisan masyarakat agar mempersiapkan diri untuk menyambut penilaian tersebut.

“Mulai dari pak wali (kepala desa adat), pak jorong (kepala dusun), bersama masyarakat silahkan berinovasi, atur strategi, agar bagaimana Ramadhan di nagari menjadi semarak,” katanya.

Bupati mengimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kerukanan antara sesama serta keimanan selama bulan suci Ramadhan, serta menjadikan momentum Ramadhan untuk saling berbagi satu sama lain.

Ia menambahkan tentang menjaga ketertiban dan keamanan selama Ramadhan manjadi tanggungjawab pemerintah, polri, dan masyarakat.

“Menjaga keamanan dan ketertiban itu menjadi tanggungjawab bersama, mari jaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

 

Antara sumbar