Beranda DAERAH Bupati Irdinansyah Sebut Masih Ada OPD Belum Capai Target, Pemerintah Siapkan Mutasi...

Bupati Irdinansyah Sebut Masih Ada OPD Belum Capai Target, Pemerintah Siapkan Mutasi Pejabat

75
Fhoto : Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat menjamu wartawan Tanah Datar di Rumah Dinas Indo Jolito Batusangkar. (Doy)

Tanah Datar, kabardaerah.com – Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi akui, dalam beberapa tahun ini masih ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum mencapai target dalam pelaksanaan kegiatannya.

“Setelah kita lakukan evaluasi, memang ada target yang belum tercapa  pada beberapa OPD yang ada di pemkab Tanah Datar, ini akan kita lakukan lagi evaluasi secara berjenjang,” ungkap Bupati Irdinansyah kepada wartawan saat jumpa pers beberapa waktu lalu di Rumah Dinas Indo Jolito Batusangkar.

Ia juga menyebutkan agar evaluasi kinerja pejabat di pemkab Tanah Datar berjalan secara komperensif, pemerintah akan melakukan evaluasi secara menyeluruh, terutama kepada pejabat eselon dua.

Katanya, untuk para pejabat eselon dua ini jika akan dilakukan penilaian atau evaluasi, menurut undang undang harus se izin dari KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara).

“Dengan adanya izin dari KASN ini kita sudah bisa melakukan evaluasi kepada pejabat eselon dua ini, dan kita menjamin dengan ada evaluasi di pertengahan tahun ini tidak akan menganggu pada penyerapan anggaran daerah pada OPD tertentu,” terang Irdinansyah yang didampingi Kabag Humas dan Protokol Setda Tanah Datar Syahril.

Disinggung mengenai intervensi jabatan yang dilakukan oleh kepala daerah, Bupati membantah juga pergantian pejabat daerah tidak bisa dilakukan seenak bupati atau wakil bupati. Karena sebut Irdinansyah, dalam hal ini ada Pansel (Panitia Seleksi)  yang akan melakukan evaluasi secara menyeluruhan.

“Pansel selama ini bekerja secara independen, tidak ada itu intervensi. Sekarang ada aturannya dalam melakukan mutasi dan evaluasi kepada pejabat daerah,” pungkasnya.

Bupati juga mengakui jika saat ini masih banyak pejabat yang kosong pada OPD tertentu karena ada berbagai hal, seperti memasuki masa pensiun.

“Kita tunggu saja laporan dari pansel siapa nanti nama nama yang akan muncul, untuk saat ini kita belum bisa menyebutkan nama dan OPD tertentu karena pansel masih bekerja,” ungkap Irdinansyah.

Sebut Bupati, kalau laporan pansel sudah masuk, akhir Agustus 2018 ini akan kita lakukan evaluasi.

“Rekan rekan wartawan harap sabar ya, nanti juga akan tahu apa OPD yang dievaluasi, dan siapa pejabat yang mendudukinya,” imbuh Irdinansyah Tarmizi. **Doy/ elvis