Beranda DAERAH Bupati Syahiran : RS Pratama Merupakan Peningkatan Akses Pelayanan Kesehatan

Bupati Syahiran : RS Pratama Merupakan Peningkatan Akses Pelayanan Kesehatan

24

Pasbar | Kabardaerah.com — Harapan masyarakat Pasaman Barat (Pasbar) akan adanya rumah sakit refresentatif bakal segera terwujud. Pasalnya, pembangunan salah satu rumah sakit refresentatif yakni Rumah Sakit (RS) Pratama Ujung Gading yang berlokasi di Jorong Kuamang, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang telah dimulai.

Dimulainya pembangunan RS Pratama Ujung Gading ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Pasbar, H.Syahiran didampingi Wakil Bupati (Wabup) Pasbar, H.Yulianto, Senin (23/7) di lokasi tersebut.

Bupati Pasbar, H.Syahiran dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kehadiran rumah sakit pratama di Ujung Gading merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah (Pemda) dalam peningkatan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini salah satu mimpi besar saya sebelum menjadi bupati dapat terlaksana. Atas izin Allah kita dapat membangun rumah sakit refresentatif sebagai penyeimbang keberadaan RSUD dan RSU yang ada di   pusat Ibu Kota Kabupaten,” ungkap Syahiran.

Bupati Pasaman Barat, H.Syahiran, MM

Disampaikan, berbagai persoalan yang dihadapi dalam pembangunan kesehatan saat ini adalah belum optimalnya akses, keterjangkauan dan mutu pelayanan kesehatan. Hal itu disebabkan oleh sarana kesehatan belum sepenuhnya dapat dijangkau masyarakat dengan mudah. Walaupun sudah ada rumah sakit di ibukota kabupaten, namun jarak tempuhnya sangatlah jauh.

“Berbagai harapan untuk kesejahteraan masyarakat secara berangsur-angsur kita penuhi. Saya minta dukungan dari segenap masyarakat agar, proses pembangunan rumah sakit ini dapat berjalan dengan baik dan selesai tepat waktu,” ucapnya.

Sementara, salah satu tokoh masyarakat Lembah Melintang, Burhanuddin Zakaria menyampaikan terimas kasih dan apresiasi kepada bupati Pasbar, yang telah memenuhi harapan masyarakat akan adanya pembangunan rumah sakit di daerah tersebut.

Dikatakan, masyarakat setempat sangat gembira menyambut pembangunan rumah sakit tersebut. Pembangunan rumah sakit adalah harapan masyarakat setempat yang saat ini sudah dipenuhi oleh Bupati Syahiran.

“Perhatian Bupati Syahiran kepada masyarakat sangat luar biasa. Pembangunan rumah sakit ini adalah bukti nyata bahwa beliau mampu merubah kondisi. Masyarakat Pasbar bagian utara harus apresiasi kebijakan bupati Pasbar yang telah mengupayakan pembangunan rumah sakit ini,” ungkap Burhanuddin.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Pasbar, Haryunidra menyampaikan bahwa pembangunan RS Pratama Ujung Gading merupakan usulan bupati Pasbar pada tahun 2017. Sehingga Pemda Pasbar mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk pembangunan RS Pratama sekaligus pengadaan peralatan kesehatan sebesar 43 milyar yang terdiri dari Rp 25,4 milyar untuk pembangunan gedung dan 17,6 milyar untuk pengadaan alat kesehatan.

“Terima kasih atas kerjasama seluruh pihak terkait pembangunan rumah sakit ini. Semoga akan menjadi rumah sakit kebanggaan masyarakat,” pungkasnya. (Rel)