Beranda DAERAH Isyu Seminar Islam Nusantara Di Tanah Datar, Bupati Bantah Mendukung IN

Isyu Seminar Islam Nusantara Di Tanah Datar, Bupati Bantah Mendukung IN

299
Fhoto : Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat menjamu wartawan Tanah Datar di Rumah Dinas Indo Jolito Batusangkar. (Doy)

TANAH DATAR, kabardaerah.com – Isu dan polemik pelaksanaan Seminar Nusantara yang bakal dilaksanakan oleh salah satu universitas ternama di Sumatera Barat, IAIN Batusangkar terus mendapat tanggapan dari berbagai kalangan masyarakat.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi kepada awak media di Batusangkar beberapa waktu lalu membantah keras jika ia mendukung adanya Islam Nusantara di Luhak Nan Tuo ini.

“Selaku Bupati Tanah Datar saya sudah meminta konfirmasi kepada Rektor IAIN Batusangkar (Kasmuri) jika informasi tentang adanya seminar Islam Nusantara (IN) itu tidak benar,” tegas Irdinansyah Tarmizi didampingi Sekretaris umum MUI Tanah Datar Afrizon S Ag dan Kabag Humas dan Protokol Setda Tanah Datar Syahril, Minggu(5/8) di Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Ungkap Bupati, IAIN Batusangkar memang akan melaksanakan seminar, namun itu bukan seminar Islam Nusantara tetapi seminar International bakal dilaksanakan bulan Oktober 2018 mendatang di hotel Emersia.

“Kalau seminar Nusantara itu dilaksanakan mengenai IN, kita akan tolak. Karena menurut saya kaidah Islam itu hanya satu yang dibawa Nabi Besar Muhammad SAW, kita tidak mengenal adanya Islam Nusantara,” katanya.

Untuk itu, Bupati Irdinansyah mengajak seluruh masyarakat Minangkabau menolak adanya seminar Islam Nusantara. Hal itu sesuai dengan pandangan Majelis Ulama Sumatera Barat juga tegas menolak Konsep Islam Nusantara.

“Kalau seminar itu dilaksanakan juga oleh IAIN mengenai IN tadi baik itu di kampus maupun ditempat lain di Tanah Datar, saya akan perintahkan aparat penegak hukum untuk menutup. Ini merupakan komitmen saya dan juga seluruh masyarakat Tanah Datar,” tutur Irdinansyah. (Elvis)

Editor : Doy