Beranda DAERAH KAB. KEP. MENTAWAI Jaga Kebersihan Lingkungan, Pengelolaan Sampah Jadi Isu Penting di Mentawai

Jaga Kebersihan Lingkungan, Pengelolaan Sampah Jadi Isu Penting di Mentawai

12

Mentawai, KD—Pengelolaan sampah menjadi persoalan yang mengemuka dan penting diselesaikan dalam kegiatan penjaringan isu penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) di Tuapeijat, Selasa (3/4).

Selain sampah, para peserta kegiatan juga mengemukakan problem lain yang juga harus diselesaikan diantaranya persoalan pencemaran air laut, termasuk membuang sampah ke laut, kebencanaan, kerusakan hutan dan pengelolaan limbah. Semua masukan peserta kegiatan akan dituliskan dalam dokumen DIKPLHD nantinya.

Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake dalam kegiatan itu menyatakan pentingnya menjaga lingkungan di Mentawai.

“Bagi saya penghargaan bukan yang utama seperti daerah lain, tapi bagi saya bagaimana ada kesadaran bersama tentang manfaat pentingnya lingkungan bersih, kalau kita berperilaku hidup bersih kitapun ikut sehat,” kata Kortanius saat membuka acara.

Ia juga menyebutkan, sebagai makhluk sosial sangat perlu menjaga kebersihan lingkungan karena menyangkut udara yang dihirup satiap saat, sebab udara yang sudah tercemar akan mengakibatkan gangguan kesehatan yang diakibatkan ulah sendiri.

“Kalau kita mau sehat, maka dari itu kita harus menjaga lingkungan agar tidak kotor, bau dan lain sebagainya, jika lingkungan tempat kerja kita atau rumah kita jorok, maka yang ada di sekitarnya akan terkena efeknya,” katanya.

Karena itu ia mengimbau para pejabat, tokoh masyarakat, pemimpin di wilayah masing-masing dan tokoh pemuda memberikan pengetahuan di lingkungannya masing – masing, terutama bagi masyarakat yang belum mengetahui pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih. “Siapa lagi yang memberikan informasi ini, terutama kita yang hadir di sini, segera sampaikan kepada saudara -saudari kita yang tidak yang tidak hadir di sini,” katanya.