Beranda DAERAH KAB. TANAH DATAR Kelola Kehumasan, Ketum PPWI Menyarankan…

Kelola Kehumasan, Ketum PPWI Menyarankan…

61

kabardaerah.com,-   Penghargaan Public Relation Indonesia Awards (PRIA) 2018 kategori terpopuler di media diraih oleh Pemerintah Kota Padang, Sebagai terpopuler dan terbanyak mendapatkan liputan media di Indonesia sepanjang tahun 2017 kemarin.

Kepala Bagian Humas Pemko Padang Imral Fauzi mengatakan, Pihak PR INDONESIA menjelaskan kategori dan indikator yang telah dipenuhi pemenang dalam ajang kompetisi Public Relations (PR) paling komprehensif se-Indonesia, Ada sembilan kategori yang dipertandingkan. Terentang dari kategori Owned Media, Kanal Digital, Program PR, Program CSR, Penanganan Krisis, Manual (pedoman) Tata Kelola Kehumasan, Departemen PR, Laporan Tahunan, hingga Terpopuler di Media.

Untuk kategori Terpopuler di Media, PR INDONESIA bekerja sama dengan PT ISENTIA, dalam melakukan monitoring pemberitaan, korporasi, lembaga, kementerian, pemerintah daerah di 20 koran nasional, 40 koran daerah dan 110 majalah mainstream di Indonesia untuk menghimpun data sepanjang 1 Januari sampai dengan 31 Desember 2017.

Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Nasional Wilson Lalangke, S. Pd, M.Sc. MA  mengucapkan Selamat dan sukses untuk Kota Padang atas prestasi yang diperoleh dalam hal kehumasan, kategori kota terpopuler di media ini.

“Kehumasan atau public relation terkait erat dengan kegiatan publikasi dan penyebaran informasi kepada masyarakat, ini sangatlah penting bagi sebuah lembaga, termasuk institusi pemerintah” pungkas Wilson.

Melalui kegiatan kehumasan yang baik, masyarakat tidak saja mendapatkan informasi tentang kinerja sebuah lembaga, tetapi juga akan mampu merespon dengan baik, benar, dan tepat segala kebijakan yang dilakukan lembaga pemerintah di wilayahnya, bahkan dengan kegiatan kehumasan yang terprogram, tersistym, dan melibatkan sebanyak mungkin stakeholder di masyarakat tentu pemerintah daerah bersama masyarakat akan dapat mencapai sasaran pembangunan yang telah direncanakan. Hal ini dimungkinkan karena adanya saling komunikasi, koordinasi, dan memberi solusi antar berbagai pihak yang terlibat dalam usaha pencapaian tujuan organisasi tersebut, jelasnya.

Walaupun demikian Wilson juga berharap, kiranya kinerja kehumasan Pemerintah Kota Padang dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Bagi pemerintah daerah lainnya, saya sarankan dapat belajar ke Pemko Padang dalam hal pengelolaan kehumasan yang baik, jika ingin mewujudkan tujuan penyelenggaraan pemerintahan di daerah masing-masing, tuturnya kepada kabardaerah.com Minggu (8/4).  【simon】