Beranda DAERAH Kesenian tradisional Pasaman Debus Dan Lukah Gilo, Ikut Meriahkan Ulang Tahun Kota...

Kesenian tradisional Pasaman Debus Dan Lukah Gilo, Ikut Meriahkan Ulang Tahun Kota Dumai

55

Sumbar.Kabardaerah.com— Pasbar, Kesenian tradisional Lukah Gilo, Debus dan tari piring asal Kabupaten Pasaman ikut meriahkan di Dumai Expo di Kota Dumai Provinsi Riau (26/4/2018).

Dumai Expo ini digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kota Dumai yang ke 19 serta Dumai Expo digelar dalam bentuk pasar malam di Bukit Gelanggang jalan Sabrantas Kota Dumai.

Menurut pantauan awak media Penampilan Lukah Gilo dan Debus yang di persembahan oleh Kabupaten Pasaman ini, memukau ribuan penonton serta mendapatkan tepuk tangan yang meriah oleh ribuan masyarakat perantau Pasaman serta masyarakat Dumai.

Desrizal Staf Ahli Bupati Pasaman mengatakan,  penampilan ini merupakan salah satu wujud kerjasama Pemerintah Pasaman dengan Pemerintah daerah Kota Dumai dalam bidang budaya.

Dengan tampilnya, Lukah Gilo di Kota Dumai ini merupakan pertanda hubungan antara kedua pemerintahan antara Pemkab Pasaman dan Penko Kota Dumai berjalan baik, juga Desrizal berharap warga Dumai asal Pasaman bisa setara dengan daerah lain yang ada di Kota Dumai ini.

Seterus nya Zulkifli AS. Msi Wali Kota Dumai saat membuka pelantikan pengurus ikatan keluarga pasaman (IKP) mengatakan, dengan hadirnya ribuan masyarakat perantau Dumai merupakan pertanda perantau Pasaman turut serta membangun kota Dumai ini, berarti sebagian penduduk kota Dumai berasal dari Pasaman serta kebudayaan Pasaman juga berhak di budayawan di Dumai,” terang Wali Kota ini.

Elsandra selaku Penasehat organisasi Ikatan keluarga Pasaman ( IKP) Dumai mengatakan,  dengan tampilnya Lukah Gilo di Kota Dumai adalah suatu kebanggaan bagi kamj warga Dumai asal Pasaman, juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Pasaman yang telah menampilkan kesenian Debus dan Lukah Gilo di Kota Dumai ini,” terangnya.

Elsandra juga berharap kepada  pihak Pemkap Pasaman agar bisa hadir di Kota Dumai ini setiap tahun nya, smoga Pemkap Pasaman dan Penko Dumai terjalin erat,” tuturnya. (KD/Yondra).