Beranda DAERAH KAB. DHARMASRAYA Nagari Muaro-Sopan Gelar Tausiyah Sambut Isra Miraj, Kegiatan Berlangsung di Masjid Nurul...

Nagari Muaro-Sopan Gelar Tausiyah Sambut Isra Miraj, Kegiatan Berlangsung di Masjid Nurul Huda

17

Dhamasraya,kabardaerah.com – Pemerintah Nagari (Desa Adat) Muaro Sopan, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menggelar tausiyah dalam rangka menyambut Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

“Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menyatukan dan menguatkan sesama umat muslim,” kata Wali Nagari (Desa Adat) Muaro Sopan, Kecamatan Padang Laweh, Ari Asmanto di Pulau Punjung, Kamis.

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Nurul Huda Jorong Rimbo Air Dingin itu, dihadiri seluruh masyarakat dan tokoh masyarakat Muaro Sopan. Dalam tausiyah itu menghadirkan Ustaz Kondang Jodika Amdodi.

Disebutkannya, kegiatan tausiyah nagari yang rutin dilaksanakan setiap satu kali tiga bulan sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang keagamaan, serta menyatukan dan menguatkan tali silaturahim sesama umat muslim.

“Ini yang pertama untuk tahun ini, secara bergilir akan dilaksanakan di empat jorong atau dusun yang ada di nagari. Seluruh biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan ini ditanggung pemerintah nagari,” ujarnya.

Ia mengatakan Isra Miraj sesungguhnya memiliki makna yang hakiki, khususnya bagi kaum muslimin untuk selalu menyadari keberadaan dirinya sebagai hamba Allah.

“Sehingga kita senantiasa berupaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta bersyukur terhadap berbagai nikmat yang telah dilimpahkan,” ujarnya.

Dirinya mengingatkan kembali bahwa kegiatan menyambut Isra Miraj hendaknya tidak menjadi kegiatan seremonial keagamaan berulang yang tanpa makna, melainkan banyak hikmah yang dapat diperoleh untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

“Hikmah dimaksud tentunya merupakan tuntunan terbaik bagi kaum muslimin guna meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat,” katanya.

Ia mengajak momentum menyambut Isra Miraj dapat dijadikan sebagai media untuk mewujudkan sikap dan perilaku kesalehan sosial, yang memiliki korelasi erat dengan kejujuran, komitmen sosial, dan etos kerja.

“Tentunya pencapaian tersebut akan sangat mendukung terhadap upaya peningkatan semangat kebersamaan, silaturahmi, serta persatuan dan kesatuan sebagai pedoman hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tambahnya. **

 

Antarasumbar