Beranda DAERAH Penyebab Banjir di Pessel Dipicu Pembalakan Liar dan Aktifitas Galian C

Penyebab Banjir di Pessel Dipicu Pembalakan Liar dan Aktifitas Galian C

51

PESSEL, KABARDAERAH — Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, mengatakan, persoalan banjir yang melanda daerah itu di picu oleh maraknya aktifitas pembalakan liar dan galian c yang tidak mengantongi izin resmi (ilegal).

“kerusakan hutan yang cukup parah akan mengakibatkan terjadinya banjir.  Jadi saya minta masyarakat proaktif melaporkan setiap kegiatan yang ilegal di daerah ini,” ujar bupati saat di wawancara wartawan di Painan. Senin, (5/11).

Bupati menyebutkan, pasca banjir yang terjadi di kecamatan Tapan kemarin,  ada beberapa rumah yang rusak parah. Selain itu, kata dia,  lahan pertanian banyak yang gagal panen.

“Ini kan sudah sangat merugikan masyarakat.  Nah,  untuk itu mari kita bersama-sama membrantas ilegal loging dan galian C ini,  ” tegasnya.

Bupati Hendrajoni menyesalkan izin galian c yang dikeluarkan oleh pihak Pemprov kepada pelaku usaha di Pessel dinilai tidak sesuai dengan prosedur.

“Kadang kita gak kasih izin, tau tau mereka (pelaku usaha) sudah punya izin saja. Akhirnya masyarakat ribut, yang disalahkan itu saya. Masyarakat taunya saya bupatinya,” tuturnya.

Fahmi Yuhendra