Beranda DAERAH Puluhan Pemuda Ini Berharap Dapatkan Rejeki Pasca Lebaran, Eh Malah Diusir Dinas...

Puluhan Pemuda Ini Berharap Dapatkan Rejeki Pasca Lebaran, Eh Malah Diusir Dinas Pariwisata

42

Padang, Lebaran merupakan momen istimewa bagi banyak kalangan, termasuk oleh para pemuda di lingkungan pariwisata Pantai Air Manis, Kota Padang. Tak ayal, bila mereka sangat menikmati keramaian di daerahnya.

Dengan demikian, selaku pemuda/pribumi setempat, mereka ingin pula merasakan keuntungan sebagai partisipasi atas nilai kepedulianya terhadap keamanan dan kenyamanan lokasi wisata Batu Malin Kundang itu.

Namun, Senin (26/6/17), Dinas Pariwisata Kota Padang menanggapi tak seirama. Kesalah pahamanpun terjadi sewaktu beberapa orang pemuda ingin ikut bergabung meminta uang masuk di gerbang, lantaran momen lebaran yang hanya sekali setahun ini.

Ketika seorang pemuda hendak menyampaikan maksudnya, malah terjadi gesekan berupa adu mulut dengan pihak dinas terkait. “Iya, mereka ingin menguasai gerbang masuk Pantai Air Manis dengan maksud ingin melakukan pungutan liar di objek wisata kita ini,” terang Medi siang itu.

Selang beberapa saat, para pemuda itu bak terusir, pergi begitu saja dengan harapanya yang kandas akan mendapat rejeki tahunan di kampung sendiri.

Dinas terkait bersikukuh para pemuda itu tidak boleh ikut dalam meminta ataupun membantu memungut uang masuk dengan alasan anti pngutan liar (Pungli).

Dengan lusuh dan kecewa, kondisi tak kuasa saat itu, para pemuda tersebut akhirnya berlalu pergi mengantongi kesedihanya. Berharap akan dirangkul, tapi sedianya tak begitu.

Melalui media ini, pengamat mengatakan agar pemerintah sebaiknya merangkul pemuda setempat untuk ikut membantu menciptakan rasa aman dan nyaman untuk pariwisata lokal.