Beranda DAERAH Rektor IAIN Batusangkar, Jamin Tidak Akan Ada Materi Islam Nusantara

Rektor IAIN Batusangkar, Jamin Tidak Akan Ada Materi Islam Nusantara

83

Tanah Datar, kabardaerah.com – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kasmuri, menjamin tidak akan ada pembahasan tentang Islam Nusantara (IN) pada pelaksanaan Seminar Nusantara yang akan diadakan pada Oktober 2018 mendatang di Batusangkar.

“Seminar yang mendatangkan pemateri Prof Mahfud MD itu, tetap akan kita laksanakan namun pembahasan mengenai Islam Nusantara ditiadakan,” ucap Kasmuri menjawab pertanyaan beberapa wartawan, Sabtu (11/08/18) di Aula IAIN Batusangkar.

Menurutnya, hal itu di putuskan setelah berdiskusi dengan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi guna menjawab polemik ditengah masyarakat Tanah Datar terkait akan dilakukannya seminar di Hotel Emersia Batusangkar pada bulan Oktober 2018 mendatang.

“Jadi kesimpulan dari diskusi dengan bupati (red: Irdinansyah Tarmizi) jika materi yang akan diusung oleh mantan Ketua MK Mahfud MD, tidak akan ada pembahasan mengenai Islam Nusantara, dan seminar akan tetap kita lakukan,” tegasnya.

Awalnya ungkap Kasmuri yang di dampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Keuangan Marjoni Ismamora, seminar tersebut jauh hari sebelum adanya fatwa MUI Sumbar pihaknya memang memasukan sub materi tentang Konsept Islam Nusantara.

Dan katanya, demi menjaga ekstabilitas dan gejolak di masyarakat, Konsep Islam Nusantara dihilang tapi IAIN tetap akan menghadirkan Prof Mahfud MD.

Dilain waktu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi yang dikonfirmasikan kabardaerah.com mengakui, jika ia sebagai bupati sudah bertemu dan berdiskusi dengan Rektor IAIN Batusangkar, Kasmuri. (doy)