Beranda DAERAH Resmi, Bupati Syahiran Buka MTQ Dan Sunat Massal Kecamatan Sei Beremas

Resmi, Bupati Syahiran Buka MTQ Dan Sunat Massal Kecamatan Sei Beremas

152

Sumbar.Kabardaerah.com— Pasbar, Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran, MM didampingi ketua TP. PKK Pasbar, Yunisra Syahiran, Sabtu (12/5) secara resmi membuka acara “Musabaqo Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Sungai Beremas ke-42 dan Sunat Massal bagi anak keluarga kurang mampu se-Kecamatan Sungai Beremas di kawasan wisata pantai Air Bangis nagari Air Bangis kecamatan Sungai Beremas.

Pembukaan MTQ tingkat Kecamatan dan sunat Massal dihadiri oleh Kaban BKPSDM Pasbar, Yudesri, Kasatpol PP Pasbar, Edi Murdani, Camat Sungai Beremas, Yulhamnas, Kapolsek Sungai Beremas, AKP. Adri Mardoan, Kasat Airut, AKP. Dedy Adriansyah Putra, SH. SIK, Muspika kecamatan Sungai beremas, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.

Bupati Pasbar, H. Syahiran dalam arahannya menyampaikan, MTQ tingkat kecamatan yang digelar hendaknya mampu menjadi motivasi bagi generasi muda setempat, untuk menjadi generasi yang cinta Al-Qur’an serta berprestasi di pada ajang MTQ ditingkat selanjutnya.

“Pelaksanaan MTQ ini harus berhasil menyaring peserta yang benar-benar berkualitas untuk diteruskan pada tingkat selanjutnya. Dengan kerja keras dan upaya yang baik semuanya bisa tercapai,” katanya.

Disamping itu, Pariwisata Pasbar disampaikan mengalami kemajuan yang sangat baik. Seperti contoh Wisata Pohon Seribu di pantai Sasak kecamatan Sasak Ranah Pasisia, yang setiap harinya memiliki pengunjung mencapai seribu orang.

“Wisata Pohon Seribu pantai Sasak mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hampir seribu orang berkunjung setiap hatinya ke sana (Pohon Seribu), untuk menikmati suasana pantai yang rindang dan kuliner masakan Gulai Sabo yang menggiurkan,” ungkap Syahiran.

Diharapkan, wisata pantai Air Bangis kedepan juga mengalami kemajuan yang pesat. Ikon-ikon kepariwisataan di Air Bangis harus dimunculkan untuk menarik minat wisatawan.

Dalam kesempatan yang sama, ketua TP. PKK Pasbar, Yunisra Syahiran menyampaikan, bahwa kawasan Air Bangis harus dihijaukan dengan program pokok PKK. Menanam tanaman bermanfaat di halaman rumah sehingga Air Bangis semakin asri dan menarik untuk dikunjungi.

“Air Bangis harus kita hijaukan dengan pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman bermanfaat, sehingga lebih hijau dan menarik.

Selanjutnya, Sulaman Benang Emas Air Bangis adalah salah satu ikon kerajinan tangan nagari Air Bangis yang harus diberi inovasi besar sehingga memiki pasar yang lebih besar,” ucap Yuni Syahiran.

Ditempat yang sama, ketua panitia kegiatan, Aulia Adli menyampaikan, bahwa MTQ yang digelar ditujukan untuk membentuk nuansa Qur’ani ditengah masyarakat Sungai Beremas. Pelaksanaan MTQ sendiri dilaksanakan pada 4 Masjid dan 1 sekolah di Nagari Air Bangis.

“Lomba yang ditampilkan pada MTQ ini antara lain, lomba Tilawah, Tartil Dasar, Khutbah Jumat, MFQ dan MSI,” ucapnya.

Dilain hal, sunat massal kecamatan Sungai Beremas sendiri disponsori oleh Ikatan Keluarga Besar Air Bangis (IKAB) seluruh indonesia.

Kegiatan sunat massal sudah berjalan semenjak 2015 lalu dan diadakan setiap tahunnya sebagai bukti pengabdian masyarakat perantau Air Bangis bagi kampung halamannya,” tutupnya mengakhiri. (***)