Beranda DAERAH Turnamen U-12 Ikut Meriahkan HUT NKRI Yang Ke-73 di Nagari Kapa

Turnamen U-12 Ikut Meriahkan HUT NKRI Yang Ke-73 di Nagari Kapa

17

PASBAR — Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ke-73, Enam tim sepak bola kategori di bawah usia 12 tahun Tingkat Sekolah Dasar se-Kenagarian Kapa, siap berjibaku menjadi pemenang.

Turnamen dibuka Wali Nagari Kapa, Yulizar di lapangan Kapa Selatan, Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Jumat (10/8). Hadir pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Luhak Nan Duo, Ketua Bamus Kapa, Samsiwan Rangkayo Mudo, SH, Ketua TP PKK Nagari Kapa, Reni Yulizar, Kaur Pembangunan, Mairizal, Kaur Pemerintahan, Ramlan, Kepala Jorong se-Nagari Kapa, Mahasiswa KKN dari UIN Padang, Tokoh masyarakat, official dan peserta.

Dalam sambutannya Yulizar menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara yang menginisiasi kegiatan tersebut. Sebab menurutnya, ajang sepakbola sangat baik bagi perkembangan mental anak anak.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung turnamen sepak bola U-12. Selain memeriahkan HUT NKRI ke-73, acara ini juga dalam rangka mencari bibit-bibit atlet sepak bola. Seperti kita ketahui bersama, olahraga bersama adalah salah satu sarana yang baik dalam membangun mental sportivitas anak,” ujar dia.

Bagi anak-anak yang terpilih nantinya pada event ini, dari pemerintahan nagari kapa akan membina dan memfasilitasi. “Kita siap menganggarkan biaya pelatihan dan fasilitas lain untuk kedepannya. Maka kami meminta kepada anak-anak yang ikut turnamen ini, agar memperlihatkan kesungguhannya dan tunjukkanlah kemampuannya dalam bermain bola kaki.

Wali Nagari Kapa, Yulizar saat memberikan kata sambutan dan arahan kepada para anak yang bertanding

Disisi lain, dengan adanya kompetisi atau turnamen semacam ini, sekaligus menunjukkan rasa kepedulian dan keseriusan apa yang telah dicanangkan oleh pemerintahan nagari, yakni “Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakatnya guna mewujudkan manusia yang sehat jasmani maupun rohaninya,” sebut wali yulizar.

Turnamen ini akan diikuti 6 tim U-12 tiap tim mewakili setiap kejorongan di nagari kapa. Ia berpesan, agar kompetisi tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, dan ia berharap bisa melahirkan potensi-potensi muda bagi sepakbola di Kenagarian Kapa,” pesannya.

Ditempat yang sama, Ketua pelaksana kegiatan, Mairizal senada memaparkan, tujuan dari pertandingan sepak bola antar kejorongan nagari kapa ini dilaksanakan, sebagai wadah pengembangan sepak bola, menjalin persaudaraan serta meningkatkan persatuan dan kesatuan antar klub se-kejorongan.

Selain itu, juga mengembangkan kualitas sepak bola khususnya di Nagari kapa, dan mengembangkan prestasi tim-tim sepak bola serta sarana pengembangan bibit-bibit muda sepak bola,” paparnya.

Pertandingan ini akan dilaksanakan mulai hari ini, jumat 10-16 Agustus 2018. Kegiatan ini terlaksana bersumber dari Alokasi Dana Nagari (ADN) pada APB Nagari nomor 13 Tahun 2018 berjumlah Rp.17.060.500,- Tahun anggaran 2018,” ungkap Mairizal yang juga menjabat sebagai Kepala Urusan Pembangunan di Pemerintahan Nagari Kapa.

Dalam pembukaan acara pertandingan ini, Tim dari kejorongan Kapa Selatan berhadapan dengan Tim Kejorongan Kapa Timur. Pertandingan ini dimenangkan oleh Tim Kejorongan Kapa Selatan, dengan Skor akhir 2-1. (Irf)