Tak Berkategori  

Pahimpunan Tuo Silek Tradisi Minangkabau Luak Limopuluah Gelar Festival Silek

Payakumbuh, Kabardaerah — Pahimpunan Tuo Silek Tradisi Minangkabau Luak Limopuluah, akan mengadakan Festival Silek Tradisi untuk Paguruan Silek se Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu, 9 Desember 2017 bertempat di Medan nan Bapaneh Ngalau Indah Payakumbuh.

“Kegiatan ini terlaksana atas dukungan dari Pemerintah dan DPRD kota Payakumbuh”, sebut Irwandi ST Tampuak (Ketua) Pahimpunan Tuo Silek Tradisi Minangkabau Luak Limopuluah.

Selain Festival, acara yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kota Payakumbuh itu, juga akan diadakan Pengukuhan Pengurus Pahimpunan Tuo Silek Tradisi Minangkabau Luak Limopuluah dan Penganugerahan gelar Pandeka Kehormatan kepada Riza Falepi Walikota Payakumbuh, YB. Dt. Parmato Alam Ketua DPRD Payakumbuh dan Irwandi. ST Tampuak Pahimpunan Tuo Silek Tradisi Minangkabau Luak Limopuluah.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Elfriza Zaharman ketika dihubungi menyangkut acara ini mengatakan, “Acara ini juga salam rangka memperingati HUT Kota Yang ke 47 dan juga menumbuh kembangkan kembali warisan leluhur kita orang Minangkabau”.

“Tema acara secara keseluruhan adalah Mambangkik Batang Tarandam, karena Silek Tradisi Minangkabau sudah mulai ditinggal kan oleh kalangan muda”, tambah Irwandi lagi.

Memang diakui dewasa ini Silek Tradisi Minangkabau sudah mulai ditinggal kan oleh kalangan muda Minangkabau dan beralih ke ilmu beladiri impor.

Pamuncak Tuo Silek Tradisi Minangkabau Rothman. S Dt. Paduko Basa Pandeka Sago mengatakan, “Wadah yang kita bentuk yaitu Pahimpunan Tuo Silek Tradisi Minangkabau ini tujuannya untuk mengumpulkan para Tuo-tuo Silek/Paguruan Silek Tradisi Minangkabau dan melakukan langkah-langkah agar Silek Tradisi Minangkabau menjadi Tuan Rumah kembali di Ranah Minang”.

“Dengan adanya Ivent-ivent seperti ini dengan bekerjasama dengan Pemerintah daerah Insha Allah Silek Tradisi Minangkabau kembali diminati oleh generasi muda Minangkabau khususnya dan Indonesia umumnya”, tambah Dt. Paduko Basa lagi.

Pahimpunan Tuo Silek Tradisi Minangkabau selain di Luak Limopuluah (kota Payakumbuh dan kabupaten Limapuluh Kota), telah lebih dahulu dibentuk di kabupaten Solok Selatan dan Bupatinya pun telah dianugerahi gelar Padeka Kehormatan yaitu Muzni Zakaria Pandeka Maharajo Sati.

“Kami berharap acara Festival ini dapat dihadiri oleh para pemuda dan pemudi dan kami juga mengundang beberapa Kepala Daerah seperti Bupati Solok Selatan, Walikota Sawahlunto dan beberapa tokoh dari luar Luak Limopuluah”, ujar Kapten Hariyadi salah seorang Pembina Pahimpunan Tuo Silek Tradisi Minangkabau Luak Limopuluah.(Uchok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *