Ketua Bawaslu Pariaman Riswan Lantik 12 Anggota Panwascam

 

Kota Pariaman _ Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman Riswan, melantik 12 orang anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Jum’at (24/5/2024) di Hotel Nantongga.

Hadir dalam pelantikan panwascam itu Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Vifner, Pj Walikota Pariaman Roberia, El Mahmudi, Ulil Amri, Kepala Kesbangpol, Sekretaris Kominfo, Camat se Kota Pariaman serta Kepala sekretariat Bawaslu Pariaman dan jajaran serta 12 anggota Panwascam terpilih.

Para personil Panwascam yang dilantik dan diambil sumpahnya ini akan bertugas di empat kecamatan yang ada di Kota Pariaman. Di mana masing-masing kecamatan akan diisi oleh tiga orang anggota Panwascam.

Ketua Bawaslu Kota Pariaman Riswan mengatakan, ke 12 orang anggota panwascam akan bertugas dalam Pilkada 2024. Baik Pilkada Kota Pariaman maupun Pilkada Sumatera Barat.

“Hari ini kita melakukan pengambilan sumpah janji Panwascam se-Kota Pariaman. Seluruh anggota panwascam yang dilantik merupakan wajah lama yang bertugas pada pemilu 2024 lalu,” kata dia, Jumat, (24/5/2024).

Lebih jauh, Riswan menjelaskan, 12 anggota panwascan ini merupakan wajah lama yang diseleksi saat pemilu 2024 lalu. Mereka kembali diamanatkan untuk menjadi panwascam melalui cara evaluasi yang dilakukan komisioner bawaslu. Dimana hasil dari evaluasi itu seluruhnya masih layak, karena dianggap masih memiliki kemampuan sebagai pengawasan pemilu berkaca dari pemilu sebelum.

“Kami menganggap bahwa dari hasil evaluasi yang dilakukan, seluruh anggota panwascam yang bertugas di pemilu 2024 lalu layak dipertahankan, meskipun ada beberapa catatan yang perlu di perbaiki kedepannya,” ucapnya.

“Tahapan dan proses evaluasinya sudah kita lalu sesuai dengan ketentuan. Tentu dengan berpedoman terhadap aturan yang ada,” kata dia.

Sehingga, sambung Riswan, seluruh panwascam akan dibekali dengan bimtek selama dua hari.
Pihaknya berharap anggota Panwascam menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan. Serta senantiasa menjaga profesionalisme dan integritas.

“Harapannya untuk Panwascam bisa lebih baik lagi dari sisi kerja dan profesionalitas dan netralitas. Apalagi kita akan menghadapi Pilkada yang penuh banyak kepentingan,” ujarnya mengakhiri pembicaraan.

Sementara itu Vifner, selalu Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, menyampaikan ucapan selamat kepada panwascam yang dilantik.

“Saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara telah diberikan kembali amanah untuk menjadi panwascam. Sebagai seorang panwascam tidak ada kepentingan selama pelaksanaan Pilkada nantinya.

“Jangan coba-coba memberikan dukungan kepada peserta pilkada, karena untung nya tidak ada. Jangan beranggapan jika mendukung salah satu calon, anggota panwascam akan menjadi komisioner bawaslu. Yang terpenting adalah bahwa pemilu dengan pilkada jelas berbeda, sehingga panwascam diminta untuk menambah wawasannya dan jaga netralitas,” sebutnya.

Hal senada juga disampaikan Pj Walikota Pariaman Roberia, selamat kepada panwascam, semoga bisa menjalankan amanah yang diberikan dengan baik dan profesional.

“Semoga pelaksanaan Pilkda di Kota Pariaman berjalan aman, sukses dan tidak ada perselisihan, keributan apalagi berdarah-darah. Semoga Pilkada Pariaman terwujud pilkada badunsanak,” akhirnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *