Aplikasi SIAPE, Solusi Pemkab Tanah Datar Untuk Hemat Penggunaan Kertas

TANAH DATAR, KABARDAERAH,- Setelah beberapa kali bimbingan teknis (Bimtek) pada 2019 lalu, Aplikasi Sistem Aplikasi Administrasi Perkantoran Elektronik (SIAPE) dan tanda tangan elektronik resmi diluncurkan Wakil Bupati (Wabup) Zuldafri Darma di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Jumat (2/1/2020).

Dalam peresmian tersebut, Zuldafri menyebutkan, aplikasi SIAPE diharapkan bisa mempermudah pekerjaan serta menghemat penggunaan kertas.

“Awalnya surat menyurat pakai kertas, sekarang kita rubah jadi elektronik. SIAPE ini merupakan terobosan bagus dan baru yang diinisiasi Dinas Kominfo,” ujarnya.

Wabup Zuldafri menambahkan, kendati terbilang rumit merubah kebiasaan yang telah ada, namun dikatakannya, hal tersebut dapat terwujud dengan saling mendukung antar satu sama lain untuk program ini.

“Program ini perlu sama-sama kita dukung dengan baik, disamping itu kita juga akan mempersiapkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengelolanya,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo, Abrar menuturkan aplikasi SIAPE diadopsi dari aplikasi SIMAYA yang dikembangkan oleh Dinas Kominfo Sumbar.

“Walaupun diadopsi, akan tetapi SIAPE sudah dilakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tanah Datar,” jelas Kadis Abrar.

SIAPE ini, kata Abrar berfungsi untuk proses manajemen surat masuk, dan manajemen surat keluar.

“Dengan demikian tentu pekerjaan kita lebih mudah lagi, dimana saja bisa diakses,” tutupnya. (BgZ)

Editor : Aldoris A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *