Pengurus KAN Singgalang Dikukuhkan, Zuldafri Akui Peran Penting Ninik Mamak

TANAH DATAR, KABARDAERAH,- Pengurus KAN Singgalang periode 2019-2024 resmi dikukuhkan. Adapun yang menjadi ketua KAN tersebut adalah Dt Pangulu Basa Nan Bagirik-girik Ameh, Sabtu (18/01) di Kerapatan Adat Nagari Singggalang X Koto.

Pada prosesi presmian tersebut, Wabub Zuldafri Darma mengatakan, ninik mamak memiliki peran penting untuk mencapai visi misi pemerintah daerah.

“Tanpa dukungan ninik mamak, untuk mewujudkan visi misi yang berlandaskan ABS-SBK rasanya penerintah daerah akan sangat sulit,” ujarnya.

Ia menambahkan, peran serta eksistensi ninik mamak sebagai benteng perlindungan adat dan budaya mesti harus diperkuat.

Ninik mamak, alim ulama dan cadiak padai, dikatakan Zuldafri haruslah bersatu dalam memberikan upaya pehamanan kepada generasi muda agar memahami adat dan budaya Minangkabau.

“Bayangkan 20 tahun mendatang, jika generasi muda tak diajarkan pemahaman adat, budaya dan agama sedari dini, tak dapat kita pungkiri akan lunturlah Luhak Nan Tuo begitu juga dengan Minangkabau,” tukasnya.

Pada kesempatan itu, disamping pengukuhan pengurus KAN Singgalang, Wabup Zuldafri Darma mengapresiasi pembangunan Balai Adat yang dilakukan secara swadaya masyarakat dan menelan angka hingga Rp 4 miliar. (BgZ)

Editor : Aldoris A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *