Musyawara Lokal II ORARI Lokal Pasbar di Hadiri Ketua TP.PKK Pasbar Sifrowati Yulianto Telah Resmi Dengan Pengurusan Baru

PASBAR,KABARDAERAH – Kegiatan Musyawarah Lokal (Muslok)  II tahun 2020 ORARI Lokal Pasbar “Dengan semangat kode etik Amatir Radio mari kita pererat rasa persatuan dan persaudaraan” dalam kegiatan tersebut di hadiri Ketua TP. PKK Pasbar Sifrowati Yulianto sekaligus Anggota DPRD dalam pembahasan pemilihan Ketua serta sususan anggota baru ORARI Lokal Pasaman Barat (Pasbar) yang dihadiri ORARI Kabupaten/kota se-sumatera Barat (Sumbar).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP. PKK Pasbar Sifrowati Yulianto memberikan arahan, sangat senang bisa musyawarah dan bincang-bincang karena rumah dinas Bupati itu rumah masyarakat kapan pun bisa berkunjung dengan berbagai kegiatan posisif. ORARI ini sangat di butuhkan hingga sekarang karena ORARI ini sempat hilang tidak difungsikan lagi oleh masyarakat, istansi maupun perusahaan, di waktu di jaman tahun 1990 masyarakat kita hanya mengenal dengan rojer (HT) fungsi ORARI dulu dirasakan waktu masih di KUD, kita bisa monitor setiap kegiatan laporan, baik itu laporan keuangan.Untuk itu, di jaman modern sekarang mari kita gerkakkan dan fungsikan lagi ORARI di Pasbar ini.

Lanjutnya, sangat mendukung program yang di canangkan ORARI agar aktive kembali serta kepengurusan angotanya terbentuk kembali. Maka dari itu, Minta maaf juga Kepada Bapak dan ibu semua  bahwa Bapak Bupati Berhalangan untuk hadir dihadapan kita semua, namun tidak mengurangi rasa hormat dengan petemuan dengan harapan  kita ORARI Pasbar bisa menampilkan yang terbaik nantinya,” Jelas Sifrowati saat membuka dan meresmikan acara.

Kemudian, Ketua panitia Ardimen mengatakan, terselenggaranya Muslok ini berkat semangat dan koordinasi kita antar Pusat, Provinsi dan Kabupaten/kota untuk berkontribusi dan memajukan serta mengembangkan ORARI yang selama ini Vakum kembali befunsi dan hadir di Kabupaten Pasaman Barat.

Dengan terbentuknya nanti Kepengurusan dan siapa pun yang terpilih dengan niat tekat demi kemajuan ORARI untuk edepan lebih baik lagi,” ujar Ardimen

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Ketua ORARI Daerah Sumbar
H.Yuliarman, Balai monitoring (Balmon) Padang Zailulah Manan dan Ketua beserta anggota ORARI Kabupaten/Kota se-Sumbar yang berlangsung di ruang Aula Rumah Dinas Bupati, Pasaman Barat, Minggu (28/6/2020).

Kemudian, Ketua ORARI lokal Pasbar Hendrizon, S.Pd juga mengatakan, minimnya ke anggotaan dulu sebanyak 10 orang sebelumnya masih banyak kekurangan dan ketidak aktivannya. Alhamdulilah sekarang ke angotaan menjadi 20 orang.Dari sisi kegiatan banyak kekurangan keterbatasan pengurus, tapi perlahan kekurangan itu sudah mulai bagus dan kami juga ikut serta dalam pemberi informasi di wabah pandemi COVID-19 in. Terima kasih kepada tuan rumah Bupati Pasbar Serta istri sebagai Ketua TP. PKK sekaligus Angota DPRD Pasbar atas terselenggara muslok ini memberikan sumbang sihnya pada acara musyarawah ini. Ada pun kegiatan ini di ikuti dari ORARI Provinsi, Kabupaten/kota lain yaitu,  Padang, Tanah Datar, Payakumbuh dan Bukittinggi,” ucapnya

Selanjutnya, Kepala Balai Monitoring (Balmon) Padang Zailulah Manan juga sebagai Pembina Balai Amatir dari Kementrian Kominfo menyampaikan, kami di amanahkan dari Kementrian Kominfo untuk selalu mengawasi pengguna spetrum, yang mana penggunaan amatirnantinya dib3 om an ujian amatir dan selalu tetap kordinasi kepada orda, orlop menggunakan spetrum di luar amatir serta kordinasi sesuai tempat dan lokasinya. Ada pun sekarang yang men) unakan spetrum Amatir yaitu kepolisian dan penerbangan agar tidak menggangu  proses sinyal pengguna.

Ia menambahkan, yang mana setiap diberlakukan ORARI akan dilakukan ujian leguler dan padang panjang dan solok juga akan dibelakukan ke aktifan ORARI disana. Serta anggota juga harus memahami fungsi ke amatiran itu sendiri, yang mana fungsi ORARI tidak diberdayakan lagi karena perangkat handphone saat ini merasa terpenuhi. Pemerintah Daerah (Pemda)  kurang memperhatikan kegunaan dan fungsi ORARI itu sendiri, maka mulai hari ini kita sama-sama membantu program untuk pekembangan (Pemda) di segi ORARI ini.

Seterusnya, Ketua ORARI Daerah Sumbar H.Yuliarman mengatakan, pada teknologi ORARI ini dahulunya suatu alat komunikasi via jarak jauh dan saat ini sebenarnya ORARI ini sangat dibutuhkan di daerah kita yaitu pada bila bencana yang alam yang terjadi yang mana ketika bencana listrik dan sinyal Handphone hilang dan mati maka ORARI lah yang berfungsi dengan perangkat radio ini saat itu, maka mari kita sosialisasikan kembali kepada semua fungsi ORARI Ini Yang mana ORARI sumbar juga berupaya menggerakkan dan sosialisasi untuk amatir radio satelite (Amsat) di berbagai kabupaten/kota.

“Dijelaskan, bahwa ORARI ini sangat berguna didalam segi kebencanaan baik itu sosial  kebencanaan kita bergerak tidak mengharapkan pamrih baik itu segi waktu atau pun materi hanya untuk kegiatan tugas kemanusiaan untuk membantu sesama,” tutup Yuliarman saat mengakhiri pembicaraan

(SUWAHYU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *