Musda PKS Kota Pariaman, Romi Rusli Gantikan Posisi Yendri Mukhlis sebagai Ketua

PARIAMAN — Romi Rusli, terpilih menjadi Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Pariaman periode 2020-2025.

Romi Rusli terpilih menjadi Ketua DPD PKS menggantikan ketua sebelumnya Yendri Mukhlis, melalui Musyawarah Daerah (Musda) ke V yang dilaksanakan secara virtual serentak se-Indonesia, Senin (28/12) di Kantor DPD PKS Pariaman.

Ketua terpilih Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Kota Pariaman Romi Rusli didampingi Ketua Panitia Pelaksana Musda PKS Ke V Zeid Lubis menyampaikan, Muswil dan Musda ke V PKS Kota Pariaman digelar secara serentak untuk pertama kalinya semenjak PKS berdiri tahun 1998.

“Musda PKS kali ini berbeda dari sebelumnya yang mana dalam pemilihan struktur DPD mulai penjaringan/aspirasi dari kader yang terdata dan aktif sebagai anggota PKS,” ujarnya.

Dari penjaringan itulah, sambung Romi Rusli, didapatkan 9 nama yang diusulkan ke DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) Provinsi untuk menduduki struktur kepengurusan DPD PKS Kota Pariaman.
Setelah itu, kemudian DPW menyampaikan 9 nama tersebut ke tingkat DPP (Dewan Pimpinan Pusat) yang selanjutnya di Keluarkan SK (Surat Keputusan) ketua dan susunan pengurus DPD PKS Kota Pariaman.

“Musda Ke V ini dilaksanakan secara virtual dalam wilayah Sumbagut (Sumatera Bagian Utara) terdiri dari Provinsi Sumbar, Aceh, Riau, Sumatera Utara dan Kepulauan Riau yang dipimpin oleh BPW (Badan Pembina Wilayah) Hendri Munaf sekaligus pimpinan pleno sidang dan melantik serta mengukuhkan pengurus baru yang terpilih,” pungkas Romi.

Adapun penekanan yang diminta oleh ketua BPW Hendri Munaf adalah pengurus diminta mencari caleg dini untuk persiapan Pileg 2024 mendatang.

“Ini tugas saya nanti bersama pengurus lainnya untuk mencari kader milenial untuk dijadikan caleg nantinya. Mereka yang terjaring nantinya akan diberikan pendidikan politik, yang mana rekrutmennya dilakukan secara terbuka pada masyarakat untuk menjaring dan menseleksi caleg tersebut,” ujarnya.

Selain itu, pada pileg 2024 mendatang Romi Rusli juga akan melakukan trobosan bagaimana Pariaman bagian utara ada kader dari PKS yang duduk di DPRD. Karena sudah tiga periode di dapil tersebut belum ada kader partai PKS yang duduk menjadi anggota dewan.

“Target kita nanti bagaimana dapil dibagian utara muncul satu calon dari kades PKS duduk di DPRD Kota Pariaman dan itu target kita,” jelasnya.

Di samping itu PKS Kota Pariaman, nanti juga akan melakukan pembagian sembako gratis untuk masyarakat, karena PKS hadir untuk melayani rakyat.

Dalam kesempatan itu, ketua terpilih
Romi Rusli juga membeberkan seputar perubahan PKS Saat sekarang dari sebelumnya, terutama dari segi logo. Saat ini logo PKS sudah berbeda dari sebelumnya berlambang Ka’bah kini menjadi lingkaran, himne PKS juga sudah berubah dengan motto bersama melayani rakyat.

Termasuk susunan struktur pengurusnya, dulu hanya terdiri dari 5 orang ketua, sekretaris, bendahara, kaderisasi dan kewanitaan. Sedangkan saat ini dalam DPD itu ada MPD (Majelis Pertimbangan Daerah) di bawahnya baru pengurus DPD, kemudian ada DED (Dewan Etik Daerah) dengan komposisinya diisi 8 orang. (Syh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *