Penghargaan Kota Sangat Inovatif, Diperoleh Sawahlunto Dari Kemendagri RI.

Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto berhasil memperoleh predikat sebagai kota sangat inovatif dalam mengelola pemerintahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pemko Sawahlunto dinilai berhasil dalam melakukan inovasi tata kelola pemerintahan. Untuk itu, Kemendagri memberikan predikat Kota Sangat Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 sebagai apresiasi pada inovasi – inovasi dari Pemko Sawahlunto.

Penghargaan sebagai Kota Terinovatif pada Kota Sawahlunto itu diterima langsung oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta SH melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen), Kemendagri, Muhammad Hudori atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, pada Jum’at (18/12) di Jakarta.

Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori menyatakan bahwa Innovative Government Award (IGA) ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah sebagai apresiasi terhadap inovasi yang telah dilakukan.

Lebih lanjut dikatakan, “ini turut menjadi sarana monitoring dari pemerintah pusat pada gerak inovasi di daerah-daerah,” ungkap Muhammad Hudori memaparkan.

Kita ketahui selama ini, Pemko Sawahlunto memang akrab dengan inovasi. Hal ini, dapat kita lihat langsung dari inovasi dalam visi Kota Sawahlunto, dengan kebersamaan kita wujudkan Sawahlunto sebagai kota wisata yang Kreatif, Inovatif, Unggul, Bermartabat, Berkeadilan dan Sejahtera.

Deri Asta SH menyebutkan bahwa, dengan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kemendagri telah menunjukkan bahwa Pemko Sawahlunto sudah berada di jalur yang benar dalam menciptakan inovasi dan kreasi pada pengelolaan tata pemerintahan.

“Kami berterimakasih kepada segenap jajaran stakeholder (pemangku kebijakan) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atas kinerjanya telah berperan serta dalam membuat Sawahlunto untuk memperoleh penghargaan ini. Kemudian, penghargaan ini adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Kota Sawahlunto,” ujar Walikota Deri Asta.

Penghargaan yang didapat ini, hendaknya dapat menjadi pemacu semangat untuk mempertahankan bahkan untuk meningkatkan prestasi pada tahun-tahun mendatang. Jangan sampai hanya berpuas diri dengan penghargaan yang didapat sekarang.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) Kota Sawahlunto Mukhsis, menyampaikan bahwa Pemko Sawahlunto mengusulkan tujuh (7) inovasi untuk dinilai oleh tim Kemendagri dalam ajang IGA 2020 ini.

Lebih lanjut disampaikan, “sesuai dengan arahan dari bapak Walikota dan Wakil Walikota, bahwa semua OPD harus mempunyai program inovasi. Dari berbagai inovasi itulah, kita pilih tujuh (7) usulan untuk penilaian ke Kemendagri,” urai Mukhsis menguraikan.

Harapan kita tentunya dengan penghargaan ini, sedikitnya dapat membantu dan menunjang Kota Sawahlunto untuk memperoleh perhatian dari pemerintah pusat. Kita harapkan tentunya, dengan prestasi ini akan banyak program dan kebijakan atau perhatian dalam bentuk lain dari pemerintah pusat, terhadap Kota Sawahlunto.
Semoga !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *