Buah Dari Kerja Keras Pemko Sawahlunto, Mulai Menampakkan Hasil.

Sawahlunto-Bertepatan dengan bulan suci ramadhan, Walikota Sawahlunto Deri Asta SH bersama Darul Siska, anggota DPR RI Komisi IX asal Sawahlunto yang juga didampingi oleh Elfia Rita Dewi SH, Wakil Ketua DPRD Kota Sawahlunto meresmikan pemakaian Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Pondok Pesantren Yayasan Ababil Kenagarian Lunto pada Rabu (21/4).

Kita ketahui sebelumnya, BLK Komunitas ini berdiri hingga mendapat bantuan dari pemerintah pusat, berkat campur tangan Pemko Sawahlunto bersama dengan anggota Komisi X DPR RI, Darul Siska. Dan melalui anggota DPR RI ini, usulan BLK Komunitas di Sawahlunto sampai kepada Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI dan Pemko Sawahlunto mendatangi Kemnaker RI untuk “manjuluak” hingga sampai terealisasi.

BLK Komunitas di Pondok Pesantren Yayasan Ababil Lunto ini membuka jurusan Teknik Informatika. Sebuah jurusan yang sangat sesuai dengan perkembangan teknologi informasi komunikasi saat ini dan tentunya akan banyak dibutuhkan dalam dunia kerja.

Kita ketahui, tujuan dari BLK Komunitas ini adalah untuk memperluas dan memperbanyak generasi muda calon tenaga kerja yang memiliki skill dan kompetensi sehingga berkesempatan pula untuk membuka lapangan kerja sendiri maupun menjadi tenaga kerja di berbagai perusahaan atau instansi.

“Dan program ini, sesuai pula dengan salah satu misi Pemko Sawahlunto dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan ekonomi kerakyatan yang berbasis ekonomi kreatif serta mengadakan pelatihan melalui BLK,” ujar Walikota Deri Asta dalam sambutannya.

Lebih lanjut Deri mengingatkan, agar Yayasan Ababil Lunto dapat menggunakan BLK ini semaksimal mungkin agar manfaatnya benar – benar sangat dirasakan oleh warga masyarakat. Khususnya generasi muda, para calon tenaga kerja. Karenanya, bangunan dan berbagai peralatan yang telah dibantu langsung oleh Kemnaker RI ini, hendaknya dapat dijaga dan dirawat secara bersama.

Kita di Pemko Sawahlunto juga memiliki program BLK, namun dengan keterbatasan APBD ditambah dengan kondisi pandemi Covid saat ini, membuat program tersebut mengalami penundaan. Karenanya, dengan datangnya bantuan dari Kemnaker RI ini, tentunya sangat berarti bagi kita di Sawahlunto. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *