Kelurahan Air Dingin di Kota Sawahlunto, Berikan Bantuan Bibit Pinang dan Jahe Merah Kepada Warganya.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH bersama dengan Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Eka Wahyu SE pada Selasa siang (28/12) di Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat menyalurkan bantuan dalam bentuk bibit pinang dan jahe merah kepada 150 Kepala Keluarga (KK) Air Dingin bertempat di Kantor Lurah Air Dingin.

Lurah Air Dingin, Syafni Arman dalam laporannya mengatakan bahwa,  pihaknya telah menyediakan total sejumlah 4.000 batang bibit pinang varietas pinang batara yang telah bersertifikasi oleh lembaga terkait. Sedangkan untuk bibit jahe merah, telah disediakan total sejumlah 150 Kg untuk warga Kelurahan Air Dingin.

“Setiap KK akan memperoleh jumlah bibit pinang dan jahe merah  tergantung dari luasnya  lahan yang mereka sediakan. Karenanya, sebelum bantuan diberikan, dilakukan survei terlebih dahulu bersama dengan  Ketua RT dan RW setempat untuk menilai keseriusan dan komitmen warga dalam menyediakan lahan serta  membuatkan lubang untuk ditanami bibit,” ujar Syafni menjelaskan.

Wako Sawahlunto, Deri Asta yang menghadiri kegiatan penyerahan bibit tersebut bersama dengan Ketua DPRD  Sawahlunto, Eka Wahyu sangat mengapresiasi Kelurahan Air Dingin. Karena telah bersinergi dalam memberikan bantuan untuk mendukung program pemko dalam  pemanfataan lahan sekaligus dapat untuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya.

“Wako Sawahlunto berharap,  untuk memperoleh hasil panen yang maksimal maka pinang dan jahe ini harus memperoleh perhatian dan perawatan yang baik. Kami instruksikan kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk selalu dan secara terus menerus dampingi masyarakat penerima bantuan ini, sehingga dalam perawatannya berdasarkan ilmu bukan secara kira-kira),” ungkap  Wako Deri Asta SH dalam arahannya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu menyatakan bahwa, pihak Kelurahan dan PPL hendaknya  intensif secara rutin dalam melakukan bimbingan sampai mengevaluasi penanaman dan perawatan bibit tersebut.

“Kita ingin manfaat bantuan ini, dapat berkelanjutan. Maka perlu didampingi secara terus menerus dan evaluasi, kalau misalnya ada yang tidak tumbuh  maksimal, harus dicari dan dipelajari bagaimana solusinya. Agar maksud dan tujuan peningkatan ekonomi produktif masyarakat dapat tercapai,” urai Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Eka Wahyu SE diakhir acara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *