Pemko Sawahlunto Kucurkan Bantuan Dua Miliar Lebih, Untuk Kelompok Tani dan Peternak.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Pemko Sawahlunto, pada Senin (27/12) memberikan bantuan ternak dan sarana pertanian kepada beberapa kelompok tani di Kota Sawahlunto. Penyerahannya, dilakukan secara simbolis oleh Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH bertempat di Desa Talawi Hilir, Kota Sawahlunto.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto, Heni Purwaningsih dalam laporannya mengatakan bahwa, bantuan ternak dan sarana pertanian itu bersumber dari berbagai sumber.

Seperti, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sawahlunto, APBD Provinsi Sumatera Barat, Dana Pembantuan Satuan Kerja (Satker) 08 dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Pertanian.

“Dari APBD Kota Sawahlunto, dalam bantuan sarana pertanian sejumlah Rp1.324.164.000,- ditambah bantuan ternak sejumlah Rp 360 juta. Sementara dari APBN Kementerian Pertanian, sejumlah Rp 557.600.000,- ditambah bantuan ternak sejumlah 20 ekor sapi,” ujar Heni merincikan.

Kadis Heni juga menambahkan, dari Dana Tugas Pembantuan Satker 08 sejumlah Rp 800 juta, dari APBD Provinsi Sumbar untuk ternak dan perikanan diperuntukkan kepada sembilan (9) kelompok tani dan satu (1) kelompok pengawas.

“Jumlah total keseluruhan bantuan yang diserahkan pada hari ini, berjumlah Rp 2. 681. 764.100,- dengan perinciannya, untuk bantuan ternak berupa sapi, kambing dan itik, sebanyak 10 kelompok dan peternak ikan satu kelompok,” ujar Heni menambahkan.

Sementara itu, rincian bantuan dari APBD Kota Sawahlunto diperuntukan untuk kegiatan irigasi pertanian, yang terdiri dari pembangunan kincir air dan purum di Desa Talawi Hilir serta untuk pembangunan embung batang kuluk, di Desa Kolok Nan Tuo dan pembangunan kincir di Desa Talawi Mudik.

Untuk kegiatan jalan pertanian, terdiri dari peningkatan jalan sentra produksi, di Dusun Sawah Talang, Sungai Loban dan Tambun Batu di Desa Muaro Kalaban Kec Silungkang. Serta untuk pembukaan jalan sentra produksi sawah taruko ke sawah luak botuang, di Desa Kolok Mudik dan untuk peningkatan jalan sentra produksi dari Dusun Sawah Tambang ke Sawah Taratak di Desa Muaro Kalaban.

Sementara bantuan untuk ternak, berupa pengadaan sapi Bali sejumlah 24 ekor yang terdiri dari 23 betina dan satu jantan. Untuk ternak sapi, diberikan kepada Kelompok Usaha Bersama Pudiang Saiyo, Desa Kolok Mudik dan Kelompok Panjar Baru, Desa Batu Tanjung, Talawi.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta SH, yang berkenan langsung menyerahkan bantuan tersebut kepada kelompok tani, menyebutkan bahwa, “hal ini merupakan wujud komitmen dan dukungan kepada para petani dan peternak melalui bantuan dari Pemko Sawahlunto.

“Bantuan yang diserahkan sekarang ini, hendaknya dapat bermanfaat secara maksimal. Untuk itu, kepada para petani dan peternak agar dapat merawat dan menjaganya dengan baik. Sementara itu, kepada jajaran penyuluh pertanian agar semakin intensif mendampingi petani dan peternak dalam mengelola bantuan yang diberikan agar memberi hasil secara maksimal,” pungkas Wako Deri Asta mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *