Presiden Jokowi Sangat Memuji Kota Sawahlunto, Karena Telah Merawat Salah Satu Kota Pusaka.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Presiden RI Joko Widodo berulang kali memuji Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat, atas keberhasilan kota tersebut dalam mendapatkan pengakuan sebagai World Heritage dari Unesco. Dan selanjutnya, memperoleh kepercayaan sebagai ibu kota warisan sejarah dari Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI).

Sementara itu, Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH saat di Kota Bogor, Sabtu (4/12) mengatakan bahwa Presiden Jokowi sangat memuji Kota Sawahlunto. Hal itu disampaikan Jokowi dalam sambutannya saat menerima rombongan perwakilan JKPI yang datang ke Istana Bogor, guna untuk menyerahkan penghargaan Anugerah Bakti Utama Pusaka.

“Kami tadi mendampingi Ketua Presidium JKPI bapak Bima Arya menyerahkan Anugerah Bakti Utama Pusaka untuk presiden. Menyambut kami, Presiden menyampaikan beberapa pesan untuk merawat kota/kabupaten pusaka, termasuk dalam kesempatan itu Presiden menyebut nama Kota Sawahlunto sebanyak tiga kali,” ungkap Wako Deri Asta.

Presiden Jokowi, sepertinya sudah akrab dengan Kota Sawahlunto. Karena saat menjabat sebagai Walikota Solo, bersama dengan alm Amran Nur Walikota Sawahlunto (2003-2013) mendirikan JKPI.

“Nahkan dalam suatu pertemuan JKPI yang diselenggarakan di Kota Sawahlunto, Presiden Jokowi yang saat itu menjabat sebagai Walikota Solo, ikut hadir di Sawahlunto. Jadi bapak presiden sejak dulu sudah mengenal kota tua Sawahlunto,” ujar Wako Sawahlunto Deri Asta menambahkan.

Pada kesempatan ini, Presiden juga berpesan kepada kepala daerah kota/kabupaten pusaka agar melakukan kreasi dan inovasi dalam mengemas warisan heritage menjadi daya tarik bagi para wisatawan dan millenial (generasi muda). Namun tentunya kreasi dan inovasi tersebut tidak boleh menganggu apalagi menghilangkan unsur orisinal/otentik dari kota tua atau kota pusaka yang ada.

“Kita di Kota Sawahlunto tentunya telah dan akan terus berkomitmen dalam menjalankan pesan dari bapak Presiden. Buktinya, bagaimana Pemko dan masyarakat telah bersinergi dalam menjaga dan merawat kota tua (heritage). Dan penghargaan Pratistha Pusaka Award 2021 dari JKPI ini, merupakan apresiasi terhadap kota/kabupaten dalam melestarikan nilai heritage (kota tua),” ujar Wako Deri Asta mengakhiri penjelasannya. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *