Sawahlunto Mendapat Penghargaan Dari Gubernur Sumbar, Atas Keberhasilan Menjadi Kota Maju

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Pemko Sawahlunto  mendapatkan penghargaan dari Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah atas keberhasilan Sawahlunto dalam meningkatkan status kota, dari berkembang menjadi maju sesuai klasifikasi Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMD-PPA) Efriyanto pada Selasa (28/12) mengatakan bahwa Kota Sawahlunto ditetapkan sebagai kota maju, berdasarkan Keputusan Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes-PDTT Nomor 398/4/1/2021 tentang status kemajuan dan kemandirian desa.

“Pada tahun 2021 ini, desa di Sawahlunto yang termasuk dalam kategori desa maju sudah ada 12 desa. Sebelumnya (2020) baru ada 9 desa dan tahun 2019 hanya 5 desa,” ungkap Efriyanto.

Efriyanto lebih lanjut menjelaskan, yang dimaksud dengan desa maju atau desa pra sembada adalah yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi serta kemampuan mengelolanya,  untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup manusia dan penanggulangan kemiskinan.

Wali Kota (Wako) Sawahlunto,  Deri Asta SH yang didampingi oleh Sekdako Dr dr Ambun Kadri MKM menyebutkan bahwa keberhasilan dalam peningkatan status dari berkembang menjadi maju ini, memberi  petunjuk bahwa gerak pembangunan yang sudah  kita laksanakan, telah berjalan dengan baik dan benar sesuai jalurnya sehingga memenuhi indikator dari pemerintah pusat.

“Peningkatan status ini adalah buah dari gerak kebijakan dan program kerja kita bersama. Ke depan, tugas kita adalah  bagaimana mengelola, mempertahankan dan meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM) di Kota  Sawahlunto,” ujar Wako Deri Asta. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *